Cara input Nilai Rapor Menggunakan menu Export dan Import di Dapodik 2017c

Cara input Nilai Rapor Menggunakan menu Export dan Import di Dapodik 2017c

Di postingan sebelumnya sudah saya share tentang cara Instal Dapodik Versi 2017c dan cara input nilai Rapor dan US/USBN, maka kali ini saya akan berbagi Cara input Nilai Rapor Menggunakan menu Export dan Import di Dapodik 2017c.

Kenapa harus menggunakan metode ini? karena memang metode ini terbukti mempermudah dalam penginputan baik itu nilai Rapor maupun Nilai US/USBN. Kalau kita langsung menginput nilai satu per satu melalui aplikasi dapodik maka akan menyita waktu yang banyak, lain halnya kalau menggunakan menu Export dan Import, karena hasil export dari Aplikasi dapodik berformat excel, dan kita hanya tinggal mengcopy langsung secara keseluruhan.

Berikut langkah-langkah input Nilai Rapor Menggunakan menu Export dan Import di Dapodik 2017c

1. Pastikan Bapak/Ibu sudah melakukan pemetaan Mata Evaluasi Rapor di tiap-tiap Rombongan Belajar (Rombel) Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 Semester ganjil sampai tahun pelajaran 2016/2017 semester genap. Panduan Lengkap cara memetakan Mata Evaluasi Rapor, bisa disimak di video yang sudah saya siapkan dibawah postingan ini.
2. Setelah melakukan proses pemetaan mata Evaluasi Rapor seluruh Rombel, langkah selanjutnya silahkan unduh atau Export file berformat excel satu per satu setiap mata pelajaran di tiap-tiap rombel mulai dari tahun pelajaran 2014/2015 Semester ganjil sampai tahun pelajaran 2016/2017 semester genap.

3. Setelah terunduh semua mapel, kita tinggal mengisi satu persatu dari file tersebut, tentunya mengacu ke data yang sudah ada.

4. Jika sudah mengisi file tersebut, silahkan buka kembali aplikasi dapodiknya dan lakukan proses import (Upload) file excel tersebut ke aplikasi dapodiknya. harap teliti dalam melakukan proses ini, pastikan ketika memilih file tidak tertukar dengan yang lainnya.

5. Selesai dan  dicek apakah nilai hasil input dari file excel sudah terisi ke aplikasi dapodiknya.

6. SELESAI

BACA JUGA :  Alasan dan akar ketidakjujuran dalam bidang politik yang sering terjadi di tanah air kita disebabkan oleh?

Jika masih mengalami kesulitan dalam memahami panduan di atas, saya juga sudah menyiapkan panduan tdalam bentuk video. Semoga dapat membantu

Video Panduan :
1. Cara memetakan Mata Evaluasi Rapor semua mata pelajaran di tiap-tiap Rombel mulai dari Tahun Pelajaran 2014/2015 Semester Ganjil sampai dengan Tahun Pelajaran 2016/2017 Semester Genap.
2. Cara Input/Entri Nilai Rapor dapodik menggunakan fitur Export import.

Demikian panduan Cara Instal Dapodik 2017C dan Input Nilai Rapor dan US/USBN untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD). jika masih mengalami kendala silahkan meningggalkan komentar di bawah postingan ini.

Baca Juga : Cara Instal Dapodik 2017C dan Input Nilai Rapor dan US/USBN


terimakasih dan salam satu data

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.