Perangkat Akreditasi Tahun 2019 (Lengkap dengan File Pendukung)

Perangkat Akreditasi Tahun 2019 (Lengkap dengan File Pendukung)

Perangkat Akreditasi 2019 merupakan satu kesatuan yang terdiri atas instrumen, petunjuk teknis, data pendukung, dan sistem penskoran. Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2018 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya. Perangkat Akreditasi 2019 berbeda dengan Perangkat Akreditasi sebelumnya. 

Pertama, dari sisi rujukan. Perangkat Akreditasi 2019 mengacu kepada Undang undang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003, Peraturan Pemerintah yang terkait dengan pendidikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP), Peraturan dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta peraturan kependidikan lain yang terkait.  

Kedua, dari sisi jumlah butir dan metode penyajian. Perangkat Akreditasi  2018memiliki jumlah butir pernyataan yang lebih relevan dan koheren. Masing masing pernyataan disertai dengan petunjuk teknis, data pendukung dan bobot butir yang jelas sehingga memudahkan sekolah/madrasah, asesor dan pengguna. Selain itu dapat dikurangi semaksimal mungkin perbedaan pemahaman dan penilaian antara sekolah/madrasah dengan asesor untuk menjamin objektivitas hasil penilaian. 
Ketiga, pemeringkatan dan hasil akreditasi. Perangkat Akreditasi 2018 memiliki skor pemeringkatan yang lebih tinggi, dan hasil Akreditasi yang meliputi nilai, peringkat, dan predikat. Pada Perangkat Akreditasi sebelumnya hasil akreditasi hanya menyebutkan nilai dan peringkat. Keempat,  teknik pengolahan data dengan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SisPenA SM) berbasis web responsive yang dapat juga diakses dari berbagai perangkat mobile (smartphone, tab, dll.) untuk mempercepat dan mempermudah penyajian hasil Akreditasi.

INSTRUMEN AKREDITASI SD/MI 
Instrumen kelengkapan perangkat Akreditasi SD/MI yang terdiri atas:
a. Instrumen Akreditasi SD/MI; 
b. Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI; 
c. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi SD/MI; dan
d. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SD/MI. 
Di dalam file yang sudah saya siapkan di bawah ini merupakan perangkat pendukung dalam PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH Tahun 2018
Selain itu saya juga lampirkan berupa panduan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah.) 
Download :

LINK Download Terbaru : >> Perangkat Akreditasi Tahun 2019 <<

Laporkan jika ada Link unduhan yang rusak di kolom komentar. 
Salam Satu Data

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.