Cara Upload Data Siswa di BIOUN ONLINE Terbaru

Cara Upload Data Siswa di BIOUN ONLINE Terbaru

Rekan-rekan semua kali ini saya akan membagikan info tentang Cara Upload Data Siswa di BIOUN Online Tahun  2017/2018.Pada Bulan Oktober merupakan awal dari pendataan siswa kelas 12 (SMK), Kelas 9 (SMP), Kelas 6 (SD) untuk mengikuti Ujian Nasional Tahun ajaran 2017/2018. Data yang perlu dipersiapkan  dari nama, alamat, nomor ktp, nisn, tempat tanggal lahir, nama orang tua dan sebagainya, data ini dinamakan Data Nominatif.


Rekan-rekan semua Perlu diperhatikan dalam Data Nominatif yaitu datanya harus sama dengan Ijazah Jenjang sebelumnya, kalau ada perbedaan maka urusannya fatal bagi Perserta BIOUN tersebut.Jadi sebelum di Upload Data Siswa di BIOUN Onlinenya, sebaiknya data di cek dan diperiksa dulu agar sesuai dengan yang kita inginkan,jangan sampai data kita berbeda dengan jenjang sebelumnya.


Rekan-rekan semua Pendataan awal dilakukan pada aplikasi dapodikdasmen, jadi rekan-rekan semua  usahakan data pada aplikasi dapodikdasmen divalidkan langsung, jika ada kesalahan atau perubahan segera secepatnya untuk membetulkan di aplkasi tersebut, 


Proses selanjutnya adalah memantau, Setelah data  dapodik diinputkan  dan dilakukan syncronisasi, maka data tersebut akan masuk ke Vervalpd, Setelah itu silahkan cek data Siswa di Verval pd, apakah ada siswa yang perlu di verval, apakah belum punya NISN, ataukahNISN tidak valid dan data bermasalah, jika ada rekan-rekan lakukan sesuai prosedur yang ada.


Baiklah karena pada Artikel  kali ini membahas tentang alur data calon peserta ujian nasional mulai dari Dapodik – Pdun  Simulasi  UBK Bioun dan terakhir Ujian Nasional. Monggo Simak penjelasan selanjutnya.


BIODATA PESERTA UJIAN NASIONAL
SMA,MA & SMK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BACA JUGA :  Cara Download dan Instal Patch 2.0 Dapodik 2018.b

Cara Upload Data Siswa ke Web BIOUN Online Tahun 2017/2018


Langkah-langkah Upload Data Siswa ke Web BIO UN  2017 :

Download file Dz. yang di web PDUN (http://pdun.data.kemdikbud.go.id/)


– Login PDUN (Untuk masuk,akunnya bisa pake akun dapodik/kode registrasi)

– Setelah itu klik Calon Peserta UN 

– Urutkan Nomor Kursi 

– Klik Unduh File Calon Peserta UN, nanti file yang terunduh akan berekstensi .Dz
Upload file .Dz ke web BIOUN Online

-Login Bioun Online ( Akunnya bisa menghubungi dinas setempat ya)


– Klik Data Siswa
– Pilih Database
– Klik Upload DZ dan Emis (*.dz, *.emis)
– Klik Pilih File *.dz *.ez (Perlu di perhatikan jika menu ini tidak muncul, rekan-rekan semua jangan panic ya,kita coba aktifkan javascript browsernya atau coba buka dibrowser lainya ( Mozilla, Google Chroome, Opera dll)
– Cari file Dz tadi (Pastikan file dz nya tidak ada tambahan kalimat seperti  (1), (2), (3) dst di akhir namanya.

– Klik Start Upload 


– Kemudian klik Proses Data UN,
– Refresh browser atau klik F5 pada keyboard

– Klik View Data Siswanya


– Maka Data siswa akan muncul

– Dan Berhasil.


– Selesai.


Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, smoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan semua.amin. sumber: infoukg.com

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.