SOAL Ujian USBN Tahun 2019 Sesuai Kisi-kisi Kemdikbud Plus Kunci Jawaban (Pembahasan)

SOAL Ujian USBN Tahun 2019 Sesuai Kisi-kisi Kemdikbud Plus Kunci Jawaban (Pembahasan)

SOAL Ujian USBN SD Tahun 2019 – tahun 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan kebijakan baru untuk ujian akhir di jenjang sekolah dasar (SD), yakni dengan menerapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6. USBN di tingkat SD hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 

Dengan perubahan format ujian dari US/M menjadi USBN, maka berubah pula pola pembuatan naskah soal ujian. Sebelumnya, pada US/M, sebanyak 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar atau anchor, dan 75 persen soal disiapkan oleh guru dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Sekarang, pada USBN 2018, sebesar 20 persen hingga 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG). 
Setelah di Postingan sebelumnya, sudah saya bagikan Kisi – Kisi USBN Tahun 2019, Kali ini saya bagikan secara gratis Contoh Soal USBN SD Tahun 2019 yang sudah sesuai Kisi-kisi dari Kemdikbud. Soal-soal USBN  tersebut tentu memuat 3 mata pelajaran yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 

Contoh Soal USBN Tahun 2019 Jenjang SD

Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon
bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.  
Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman. 
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye. 
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
    A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
    B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
    C. Dengan cara yang disebut mimikri.
    D. Dengan memantulkan sinar matahari.
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN

Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.

2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
    A. Oranye
    B. Merah
    C. Kuning
    D. Hitam
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan sinonim.
3. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti.Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas,sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalamkalimat tersebut adalah ….
    A. kumpulan
    B. regu
    C. gugus
    D. tim

DOWNLOAD Contoh Soal USBN Tahun 2019 Semua Mapel

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.