Perangkat, Instrumen dan Bukti Fisik Akreditasi SMP dan SMA/SMK

Perangkat, Instrumen dan Bukti Fisik Akreditasi SMP dan SMA/SMK

Halo Bapak/Ibu guru dimanapun anda berada, Kali ini Admin akan membagikan File tentang Instrumen dan Bukti Fisik Akreditasi SMP dan SMA/SMK terbaru yang tentunya disesuaikan dengan aturan dari BAN SM. Akreditasi pendidikan adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan pendidikan. Ada dua tujuan akreditasi dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. Pertama, bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Kedua, bertujuan untuk menjaga independensi nilai pendidikan. Tujuan kedua di atas sekaligus merupakan wujud pelayanan publik oleh negara yang dilakukan secara objektif, adil, transparan, dan komprehensif. Dalam mencapai tujuan ini, pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN) negara melakukan proses akreditasi dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada standar nasional pendidikan.

Instrumen Akreditasi sekolah/madrasah tingkat SMP/MTS, SMA/SMK ini terdiri atas 8 komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan instrumen juga disusun dengan mengacu pada peraturan terkait lainnya. 
Berikut 8 Komponen Standar nasional pendidikan BNSP: 
  1. standar isi,
  2. standar proses,
  3. standar kompetensi lulusan, 
  4. standar pendidik dan tenaga kependidikan,
  5. standar sarana dan prasarana,
  6. standar pengelolaan,
  7. standar pembiayaan,
  8. standar penilaian pendidikan. 

Bukti Fisik dan Instrumen Akreditasi SMP dan SMA/SMK

Sedangkan Perangkat Akreditasi SMP/MTS dan SMA/SMK terdiri atas:

Instrumen Akreditasi,
Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi,
Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, dan
Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. 

Keempat dokumen tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan instrumen sekolah/madrasah, Bapak/Ibu harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi.  
Berkaitan dengan penjabaran di atas, untuk itu admin akan berbagi beberapa file dan dokumen pendukung yang berkaitan dengan Perangkat, Instrumen dan Bukti fisik Akreditasi Sekolah yang wajib dipunyai lembaga pendidikan sebelum proses akreditasi sekolah dimulai terutama Bukti Fisik Akreditasi Sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK.
Harap Bapak/Ibu membaca dengan teliti (Literasi) artikel ini sebelum mengunduh agar nantinya file unduhan sesuai dengan yang bapak//ibu inginkan. Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh  file, silahkan berkomentar dibawah postingan ini atau bisa menggunakan menu Hubungi Admin.
berikut beberapa file Instrumen dan Bukti Fisik Akreditasi Sekolah jenjang SMP dan SMA/SMK yang terdiri dari format Microsoft Word dan File PDF.
Instrumen dan Perangkat Akreditasi

Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP/MTS

Bukti Fisik Dokumen Pendukung Akreditasi Sekolah
Demikianlah Postingan yang dapat Admin bagikan kali ini mengenai Perangkat, Instrumen dan Bukti Fisik Akreditasi tingkat SMP dan SMA/SMK dengan harapan semoga bisa bermanfaat bagi bapak/ibu sekalian dalam rangka mempersiapkan Proses Akreditasi di sekolah masing-masing. Admin Dapodik Bangkalan sangat berterimakasih atas kunjungannya di blog ini. Kunjungan bapak/ibu sekalian merupakan penyemangat bagi admin untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia melalui Blog sederhana ini. Jangan lupa jika Postingan ini dirasa bermanfaat bagi bapak/ibu, Silahkan bagikan ke rekan-rekan guru lainnya. 

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.