Buku Guru dan Buku Siswa PAI-BP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Guru dan Buku Siswa PAI-BP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Guru dan Buku Siswa PAI Kelas 6 K13 Revisi 2018

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 SD Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan Kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 2, ayat 1). 
Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD adalah kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti (Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 3, ayat 2).  Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama. 
Tujuan penyusunan Buku Tematik Buku Guru dan Buku Siswa PAI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang tua peserta didik. 
Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya dukungan dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami dapat dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti di Musala, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah. Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan  pengamalan agama Islam bagi peserta didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh karena itu, penyerapan metode pembiasaan dan keteladanan mutlak diperlukan seperti: tadarus al-Qur’an, doa sebelum  pembelajaran dimulai, Salat Dhuha, Salat Dzuhur berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.
Buku Guru dan Buku Siswa Agama Islam Kelas 6  K13 Revisi 2018
Berikut ini link untuk mengunduh file Pdf Buku Guru dan Buku Siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VI Revisi tahun 2018
Buku Siswa Kelas 6 PAI K13 Revisi 2018 – Klik di sini
Buku Guru Kelas 6 PAI K13 Revisi 2018 – Klik di sini
Demikian Informasi Seputar Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Agama Islam Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat admin bagikan. Dan perlu diketahui, admin dapodik bangkalan akan selalu mengupdate info-info maupun file terbaru yang berhubungan dengan pendidikan. untuk itu pantau terus website www.dapodikbangkalan.net
BACA JUGA :  Berikut ini yang bukan merupakan upaya meningkatkan pencapaian positif di lingkungan pendidikan adalah

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.