PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD SD SMP SMA

PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD SD SMP SMA

PERMENDIKBUD Nomor 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD SD SMP SMA
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Jenjang SD, SMP dan SMA.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,  yaitu “Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Berikut Cuplikan PERMENDIKBUD NO. 37 Tahun 2018 KI dan KD SD SMP SMA

MEMUTUSKAN:

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. 

Pasal I
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 971) diubah sebagai berikut:

1. Di antara Pasal 2 dan Pasal 3 disisipkan 1 (satu) Pasal yaitu Pasal 2A sebagai berikut:

Pasal 2A
  • (1) Muatan informatika pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan/atau dipelajari melalui ekstrakurikuler dan/atau muatan lokal.
  • (2) Mata Pelajaran Informatika  pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dimuat dalam Kompetensi Dasar yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
 2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diubah dengan menambahkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika SMP/MTs pada nomor urut 60 dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika SMA/MA pada nomor urut 61 sehingga menjadi sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Peraturan Menteri ini.

Selengkapnya, Silahkan unduh file berupa PDF Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD SD SMP SMA melalui link di bawah ini:


PERMENDIKBUD Nomor 37 Tahun 2018 SMA/MA - Klik Di sini

Baca juga:

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

Berkomentarlah yg baik dan sopan

Notifikasi
Halo Sobat Blanter, dapatkan kupon diskon 20% sampai 80% untuk pembelian template premium. Silahkan isi Form berikut. Lihat FormulirDonasi yang kamu berikan akan saya gunakan untuk mengembangkan blog ini menjadi lebih baik.
BANK BCA: 5475057811 a/n Sri Atmini
PULSA : 0888-8905-441 (Smartfren)
PAYPAL : paypal.me/blanter
Close
Notification
Selamat datang di Situs Dapodik Bangkalan, bingung cari artikel? klik Daftar isi

jika ingin berkontribusi dalam membangun blog ini, silahkan klik DONASI Donasi yang anda berikan akan kami gunakan untuk mengembangkan blog ini menjadi lebih baik.

BANK BNI: 0605068269 a/n ARIF KURNIAWAN
PULSA : 082-333-888-362 (SIMPATI)
PAYPAL : paypal.me/dapodikbangkalan
Tutup