Skip to main content

JUKNIS / Pedoman GURU SMP Prestasi Tahun 2019

Pedoman Guru SMP Prestasi Tahun 2019
Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019 diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru SMP di Indonesia. Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu
pendidikan.

Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tahun 2019 dengan tema "Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Unggul untuk Meningkatkan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi lndustri 4.0" merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Kegiatan Pemilihan Guru SMP Berprestasi merupakan agenda tahunan, yang merupakan wujud nyata pemerintah untuk memberikan perhatian dan penghargaan dalam meningkatkan karier guru, sebagaimana diamanatkan dalam  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Secara teknis, kegiatan ini dilaksanakan secara bertingkat, yaitu mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, sampai dengan tingkat nasional. Kegiatan Pemilihan Guru SMP Berprestasi tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kompetensi dan pengembangan karier guru sebagai agen pembelajaran. Pemilihan Guru SMP Berprestasi dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru.

Guru SMP berprestasi adalah  guru yang  memiliki  kinerja dan kompetensi  pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang memenuhi dan/atau melampaui  Standar Nasional Pendidikan dan pantas  menjadi suri  teladan  bagi  peserta didik sesama pendidik,  tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Alur penyelenggaraan Guru SMP Prestasi Tahun 2019

Alur penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Guru SMP Berprestasi dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat  nasional. Penjelasan mekanisme penyelenggaraan disajikan pada bagan berikut.
Alur Penyelenggaraan Guru SMP Prestasi

Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Guru SMP Prestasi Tahun 2019

Untuk Jadwal Pemilihan Guru SMP Prestasi dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat  nasional. Penjelasan mekanisme penyelenggaraan disajikan pada gambar berikut.
Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Guru SMP Prestasi Tahun 2019

Aspek Penilaian Guru SMP Prestasi Tahun 2019

Aspek  yang  dinilai dalam Pemilihan Guru SMP Berprestasi yaitu  kinerja guru, kompetensi, dan wawasan kependidikan, yang  mencakup:
  1. dokumen  portofolio, 
  2. penilaian kinerja guru & video pembelajaran, 
  3. tes tertulis, 
  4. laporan penelitian dan artikel ilmiah, serta 
  5. paparan artikel ilmiah dan tanya jawab

Teknik Penilaian Guru SMP Prestasi Tahun 2019

Teknik penilaian terhadap aspek yang dinilai dilakukan sebagai berikut.
1. Dokumen Portofolio
Dokumen portofolio dinilai menggunakan instrumen yang diadaptasi dari model penilaian sertifikasi guru.

2. Penilaian Kinerja Guru dan Video Pembelajaran
Video pembelajaran dinilai dengan teknik skoring terhadap aspek kesesuaian pembelajaran dengan  RPP  dan silabus, tahapan  dalam pembelajaran, dan inovasi  dalam pembelajaran. Penilaian kinerja guru dilakukan oleh kepala sekolah atau guru senior yang diberikan tugas sebagai penilai PKG.

3. Tes Tertulis
Tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda dan esai. Tes kepribadian dalam bentuk soal pilihan ganda.

4. Laporan Penelitian dan Artikel Ilmiah 
Penilaian terhadap  laporan  penelitian dan  artikel ilmiah menggunakan teknik skoring terhadap komponen-komponen  kejelasan judul, sistematika/teknik  penulisan, kejelasan masalah, metodologi, ketajaman analisis dan pembahasan,  daftar pustaka, penggunaan bahasa.

5. Paparan Karya Ilmiah dan Tanya Jawab
Paparan karya ilmiah dan tanya jawab dinilai dengan teknik  observasi  terhadap paparan penyaji. Tanya jawab digunakan untuk menilai penguasaan materi dan kemampuan berinteraksi dan  berkomunikasi.

File berupa PDF tentang Juknis dan Pedoman Guru SMP berprestasi Tahun 2019 bisa bapak ibu guru unduh secara gratis melalui tautan di bawah ini,

Pedoman Guru Prestasi SMP Tahun 2019 - File PDF


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar