Skip to main content

RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

RPP Kelas 6 Kurikulum 2013  Revisi 2018 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup - Setiap Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Bahkan dalam permendikbud No 22 tahun 2016 secara tegas dijelaskan bahwa setiap pendidik (guru) pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,  menantang,  efisien,  memotivasi  peserta  didik  untuk  berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru tidak menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor penyebab guru tidak menyusun RPP antara lain tidak memahami dengan benar bagaimana prinsip-prinsip penyusunan RPP serta apa pentingnya RPP disusun. Untuk itu pada postingan ini Admin akan memberikan contoh atau referensi RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 1

RPP Kelas 6 K13 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup merupakan Tema yang sudah di revisi tahun 2018 dan sudah memuat 3 Subtema kegiatan Pembiasaan Literasi serta terdiri dari 6 Pembelajaran. adapun Subtema dari Tema Selamatkan Makhluk Hidup tersebut diantaranya:
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Hewan Sahabatku
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

RPP Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : dapodikbangkalan.net
Kelas /Semester : 6 / 1 (Satu )
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi Waktu : 6  X 35 menit (1 kali pertemuan)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
Indikator
Menemukan  ide pokok dan informasi penting
Mengembangkannya  dengan menggunakan bahasanya sendiri
IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
Indikator
Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar
Melaporkan  perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya
IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
Indikator
Menyebutkan  kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
Menulis  laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram. 
  • Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
  • Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
  • Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
  • Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya,siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua Negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  • Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
File Dokumen RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 1 bisa bapak ibu guru unduh secara gratis melalui link yang sudah admin siapkan di bawah ini.

RPP Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

RPP K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Kegiatan Literasi - Klik di Sini

Demikian yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar