Skip to main content

Cara Daftar Pengajuan Beasiswa S1/D4 Program Bantuan Pemerintah Bagi Guru 2019


Cara Daftar Pengajuan Beasiswa S1/D4 Program Bantuan Pemerintah Bagi Guru 2019

Cara Daftar Pengajuan Beasiswa Bantuan Pemerintah Bagi Guru Untuk Lanjut S1 - Dalam rangka meningkatkan kualifikasi akademik bagi guru TK, SD, SMP, dan SMA/SMK pemerintah melakukan memberikan beasiswa kepada guru untuk melanjutkan studi ke S1. Tentunya hal ini merupakan angin segar kepada seluruh guru untuk memiliki kualifikasi ijazah minimal S1.

Adapun program beasiswa ini berdasarkan surat yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan mengenai Program Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4. Dengan adanya program  ini maka diharapkan guru dan pendidik memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4. Adapun sebelum mendaftar sebaiknya menyiapkan berkas/bahan yang dibutuhkan, diantaranya:

1. Memiliki NUPTK
2. Memiliki Email
3. SK sebagai Guru
4. Ijazah dan Tramskip Nilai
5. Sertifikat/Piagam Penghargaan
6. Surat keterangan belum pernah mendapatkan bantuan pendidikan dari lembaga atau instansi
7. Surat pernyataan belum S1

Itulah berkas yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran. Berkas-berkas tersebut sebaiknya harus disiapkan dalam bentuk PDF atau berupa hasil scanning. Agar nantinya tidak kebingungan dan repot saat melakukan pendaftaran dan pengajuan. Adapun cara pendaftaran beasiswa S1 Program Bantuan Pemerintah Bagi Guru bisa disimak di bawah ini.

Cara Daftar Beasiswa Bantuan Pemerintah untuk Melanjutkan S1/D4 2019


1. Mendaftar Akun SIM BEASISWA
Setiap pendaftar wajib memiliki akun SIM Beasiswa di halaman https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019 . Caranya silahkan daftar melalui link di bawah ini:

Daftar Akun SIM BEASISWA - KLIK DISINI
Cara Daftar Pengajuan Beasiswa S1/D4 Program Bantuan Pemerintah

Setelah masuk ke halaman SIM Beasiswa, tinggal isi data NUPTK, Email, dan Pasword. Kemudian verifikasi email akan dikirim ke email yang diisikan tadi.

2. Login Akun SIM BEASISWA
Setelah mendaftar, silahkan cek email. Panitia akan segera mengirim akun registrasi dan pasword ke email. Kemudian login melalui tautan di bawah ini.

Login Akun SIM BEASISWA - KLIK DISINI
login akun https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019

Untuk login ini juga bisa langsung mengklik menu Login/Masuk pada halaman ketika mendaftar tadi.

3. Isi kelengkapan Profil Diri
Pilihlah menu PROFIL kemudian isi sesuai data identitas diri. Dalam menu tersebut terdapat banyak kolom kosong. Silahkan isi:
- nama lengkap
- NIP (Bagi yang sudah PNS)
- Tempat tanggal lahir
- Alamat rumah
- Status kepegawaian (PNS/NON PNS)
-  Masa Kerja
- Satuan Pendidikan (diisi Nama Sekolah)
- ALamat Satuan Pendidikan (Diisi Alamat Sekolah)
- NPSN
- Mata Pelajaran yang diampuh
Cara isi akun gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019

4. Isi Data Tambahan
Pada menu data tambahan ini ada 3 kolom yang harus diisi yakni
- Riwayat Pendidikan
- Pengalaman Pelatihan
- Penghargaan (Jika Ada)

5. Isi Dokumen Pendukung
Silahkan masukkan/upload berkas-berkas yang sudah disiapkan dalam bentuk PDF. Berkas-berkas tersebut seperti SK, Ijazah, Transkip Nilai, Piagam, dll.

6. Ajukan Bantuan
Semua kolom yang sudah diisi akan diverifikasi lagi pada saat klik Ajukan Bantuan ini. Oleh karena itu, pastikan jangan sampai fterdapat field merah yang belum terisi.

Bantuan Pemerintah ini merupakan Program resmi dari Direktoran Jenderal Guru dan Tenaga Pendidik Kemendikbud Republik Indonesia. Berikut Surat Resmi dari Dirjen Guru dan Tenaga Pendidik.

Download Surat Program Pemberitahuan Pemerintah - KLIK DISINI

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar