Skip to main content

Kunci Jawaban SUMATIF Modul 1 TEMATIK

Kunci Jawaban SUMATIF Modul 1 Tematik
Jawaban Test SUMATIF Modul 1 Tematik

SUMATIF MODUL 1 TEMATIK

1. Berikut yang merupakan indikator keterampilan berfikir kritis kompetensi abad 21 adalah...
Memberikan alasan secara efektif dengan menggunakan berbagai cara penalaran sesuai dengan situasi yang ada

2. Pernyataan berikut yang merupakan konsep tentang penilaian autentik yang tepat adalah ...
Penilaian autentik menilai kesiapan peserta didik dan hasil belajar secara utuh

3. Pernyataan berikut yang kurang tepat tentang pendekatan saintifik adalah ...
Pendekatan saintifik merupakan implementasi pendekatan rasional saja

4. Berikut adalah beberapa hal  yang harus diperhatikan oleh guru ketika menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Manakah dari pernyataan –pernyataan berikut  yang menurut anda tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek?
Guru menetapkan satu topik proyek yang sesuai dengan tema untuk proyek siswa

5. Bu Tuti adalah guru kelas V SDN Sejahtera Indonesiaku. Dalam pembelajaran  salah satu siswa terlihat enggan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Pada akhir pembelajaran, Bu Tuti mendekati siswa dan mengklarifikasinya. Ternyata siswa tersebut merasa takut pertanyaan dan jawabannya salah. Karakteristik guru yang reflektig yang dimiliki Bu Tuti adalah ...
Mengidentifikasi masalah pembelajaran

6. Aliran teori belajar yang menyatakan bahwa belajar merupakan proses asimilasi dan akomodasi informasi untuk membentuk skema dengan tingkatan yang lebih tinggi dari sebelumnya ketika mencapai keseimbangan adalah teori belajar menurut ....
Jean Piaget

7. Bu Nina adalah seorang guru kelas II SD Makmur Bangsaku. Ia bermaksud menilai kemampuan siswa dalam menentukan banyaknya sudut pada beberapa bangun datar. Di awal pembelajaran, Bu nina membagikan kertas dalam berbagai bentuk bangun datar kepada 50 siswanya. Pembelajaran dilakukan melalui pemberian kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan dan identifikasi kertas yang berbentuk persegi, persegipanjang dan segitiga. Tehnik penilaian apakah yang sebaiknya dilaksanakan?
Penilaian dengan tes tertulis

8. Berikut yang bukan merupakan keterampilan atau kecakapan abad 21 yang perlu dikembangkan pada kategori kualitas karakter (character quality) menurut World Economic Forum (WEF) adalah ...
Religius

9. Berikut merupakan hal yang kurang tepat dilakukan oleh guru terkait pembelajaranuntuk mengembangkan prestasi siswa sesuai dengan potensinya adalah ...
Melatih siswa untuk dapat melakukan setiap pekerjaan yang dibebankan kepadanya

10. Struktur materi ajar yang dapat diamati, benar-benar terjadi dan dapat didemonstrasikan kapan saja disebut ....
Fakta

11. Kriteria yang menunjukkan kinerja dan aspek-aspek atau konsep-konsep yang akan dinilai dan gradasi mutu mulai dari tingkat yang paling sempurna sampai yang paling rendah. Ini adalah bagian dari penilaian yang dinamakan ...
Rubrik penilaian

12. Dalam pembelajaran tematik terpadu, siswa A sellau kesulitan mengerjakan soal-soal pada bidang ilmu Matematika, tetapi sangat terampil melakukan tugas-tugas belajar pada bidang ilmu SBdP. Tindakan guru yang paling tepat ... .
Berusaha membimbingnya dan mengembangkan potensi bakatnya pada bidang SBdP

13. Berikut yang merupakan cara guru yang kurang tepat dalam mengidentifikasi potensi siswa selama proses pembelajaran adalah ... .
Meminta informasi kepada orang tua siswa tentang kesulitan belajarnya.

14. Dalam pembelajaran di kelas IV SD dengan materi pokok “hormat-menghormati” guru memulai pembelajarannya dengan menjelaskan  pengertian hormat-menghormati, pentingnya sikap hormat-menghormati, kerugian orang yang tidak memiliki hormat-menghormati, dan diakhiri dengan ajakan agar para siswa membiasakan saling menghormati dalam pergaulan sehari-hari dengan orang lain. Selama pembelajaran berlangsung, siswa sangat pasif dan terkesan tidak tertarik pada materi tersebut, tidak muncul pertanyaan, dan hasil evaluasi jauh dari yang diharapkan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut, upaya praktis yang dilakukan guru adalah ... .
Menerapkan metode role playing atau simulasi untuk topik tersebut

15. Dalam pembelajaran, guru menemukan bahwa siswa A selalu diam dan tidak memberikan jawaban apapun ketika ditanya oleh guru. Ketika diberikan kesempatan untuk bertanya, siswa A terlihat malu-malu dan enggan untuk mengajukan pertanyaan. Tindakan reflektif yang paling tepat dapat dilakukan guru berkaitan dengan hal tersebut adalah ... .
Mengklarifikasi terlebih dahulu mengapa hal tersebut terjadi, memastikan masalahnya, merencanakan tindakan, dan menelitinya melalui Penelitian Tindakan Kelas.

16. Analisis data nilai siswa terkait aspek keterampilan dilakukan menggunakan ...
Rerata dan capaian optimum

17. Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah dasar adalah ... .
Operasional konkret

18. Guru menyampaikan kekeliruan-kekeliruan peserta didik selama melakukan percobaan dan memberikan masukan perbaikan merupakan salah satu contoh kewajiban guru pada kegiatan penutup, yaitu ...
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

19. Dalam ulangan harian, guru menemukan seorang siswa yang mengerjakan soal dengan cara yang berbeda dengan cara pengerjaan dari guru. Sikap dan tindakan guru yang paling tepat terhadap temuan tersebut adalah ... .
Menghargai kreativitas siswa dengan cara mengklarifikasi jawabannya

20. Berikut yang bukan merupakan tujuan mata pelajaran PJOK dibelajarkan di SD adalah ... .
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani sehingga kelak layak menjadi atlet

21. Berdasarkan permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diris sendiri dan menggunkannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya disebut ….
Pengetahuan metakognitif

22. Dalam pembelajaran tematik terpadu, seorang guru hendak membiasakan siswa untuk memiliki sikap estetis, rasa ingin tahu, dan menjadi warga negara yang baik serta selalu mentaati aturan yang berlaku di masyarakat. Mata pelajaran yang mungkin dapat dipadukan dalam pembelajaran tersebut adalah ….
IPA, SBdP, danPPKn

23. Pada umumnya kesulitan belajar siswa adalah mengomunikasikan pendapat, gagasan, dan pengalaman akademiknya yang disebabkan oleh anggapan bahwa belajar adalah ….
Menerima isi buku

24. Guru mendiskusikan di kelas temuan-temuan penelitian yang diperoleh siswanya atau solusi-solusi yang berhasil dibuat oleh siswanya,  kegiatan tersebut merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk ….
Mendorong siswa meningkatkan prestasinya

25. Prinsip pembelajaran yang dikembangkan dari teori belajar Thorndike yang merupakan proses belajar di mana suatu perilaku akan diperkuat dalam suatu situasi dan tidak berlaku dalam situasi lainnya adalah prinsip ….
Diskriminasi

26. Berikut yang bukan merupakan tujuan dilaksanakannya bimbingan psiko-edukatif dalam pembelajaran adalah ….
Memberikan pengertian kepada siswa tentang pentingnya bimbingan psiko edukatif bagi mereka

27. Dalam pembelajaran tematik terpadu, guru memilih kompetensi dasar “ Memahami hubungan antara gaya dan gerak benda” untuk dibelajarkan di kelas. Struktur materi pembelajaran pada KD tersebut termasuk ….
Prinsip

28. Percakapan cerdas dalam keluarga dan praktik –praktik kehidupan masyarakat pembelajar lainnya merupakan salah satu factor pendorong atau penghambat bagi peningkatan prestasisiswa di sekolah. Pernyataan ini terkait dengan ….
Latar belakang budaya keluarga

29. Komponen bimbingan psiko-edukatif dengan memberikan bantuan kepada seluruh siswa melalui kegiatan penyiapan pengalaman terstruktur disebut ….
Layanan dasar

30. Berikut yang merupakan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh generasi mendatang menurut World Economic Forum (WEF) pada kategori kualitas karakter adalah ….
Rasa ingin tahu

Kunci Jawaban SUMATIF M1 TEMATIK

Unduh

Jawaban Formatif dan Sumatif Lengkap Modul 1 sampai Modul 6 bisa dibaca di tautan berikut :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar