Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD Edisi Revisi 2018 - Dapodik Bangkalan

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD Edisi Revisi 2018

Buku Panduan Penilaian Terbaru Untuk SD Revisi 2018

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru Untuk SD Edisi Revisi 2018 - Pemerintah kembali merilis panduan penilaian edisi revisi tahun 2018. Sebelumnya Pemerintah juga mengeluarkan Pedoman Penilaian pada akhir tahun 2016 lalu. Pedoman tersebut akhirnya direvisi pada akhir tahun 2018 yang ditanda tangi oleh Direktorat Pembina Sekolah Dasar pada tanggal 8 Desember 2018.

Dalam Buku Panduan Penilaian ini terdapat beberapa hal yang harus dipahami oleh Pendidik atau guru, Satuan Pendidikan, himgga ihak terkait yang berhubungan dengan pendidikan sekolah Dasar seperti Pengawas Sekolah, hingga Dinas Pendidikan setempat.

Adapun dalam Pedoman Penilaian revisi 2018 terdapat dua pihak yang dibahas yakni Penilaian Oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian oleh Pendidik. Penilaian oleh satuan pendidikan meliputi semua bentuk pelaksanaan penilaian di sekolah. Satuan Pendidikan harus benar-benar memperhatikan Ruang Lingkup Penilaian, Bentuk Penilaian, Instrumen Penilaian, Kriteria Kenaikan Kelas dan Kriteria Kelulusan, Perencanaan dan pelaksanaan Penilaian, dan Pengolahan, Pemanfaatan, serta tindak lanjut.

Satuan Pendidikan selalu pelaksana proses pendidikan hingga penilaian tentunya memiliki peran penting. Dalam menyiapkan bentuk penilaian misalnya, terdapat 3 penilaian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yakni Penilaian Askhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Sekolah (US). Ketiga penilaian tersebut diselenggarakan oleh sekolah.

Selain itu juga mengenai kriteria kenaikan kelas dan kelulusan. Kurikulum 2013 mengalami beberapa kali pembenahan. Salah satunya adalah dari yang mewajibkan peserta didik naik kelas menjadi peserta didik bisa tidak naik kelas. Ketentuan naik kelas dan tidak ini sudah diatur dalam buku Pedoman Penilaian Sekolah Dasar ini. Diantaranya Kenaikan kelas ditentukan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti kehadiran, penilaian (KI 3 dan KI4) serta penilaian sikap (KI1 dan KI2).

Buku Panduan Penilaian ini juga membahas mengenai tugas pendidik atau guru dalam melakukan penilaian. Dalam melakukan penilaian, seorang pendidik harus melakukan 5 tahap penilaian. Keempat tahap tersebut meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, Pemanfaatan, dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian. Semua langkah dan tahap penilaian yang dilakukan pendidik ini tersaji lengkap dalam buku panduan Penilaian SD Revisi 2018. Untuk lengapnya bisa diunduh di bawah ini:

Download Buku Panduan Penilaian SD Terbaru Revisi 2018


Buku Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018 - KLIK DISINI

Itulah Panduan Penilaian SD terbaru. Panduan penilaian ini diharapkan menjadi salah satu dasar dan pedoman yang dilakukan guru dan  satuan pendidikan dalam melakukan penilaian. Oleh karena itu sangat penting buku dipahami oleh pelaku pendidikan sekolah dasar di mana saja berada. Semoga bermanfaat. Silahkan bagikan atau share agar bisa lebih bermanfaat lagi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan

PPG

Rapor

SOAL-SOAL