Juknis dan Panduan Penilaian K13 Jenjang Sekolah Dasar (SD) 2019 - Dapodik Bangkalan

Juknis dan Panduan Penilaian K13 Jenjang Sekolah Dasar (SD) 2019

Untuk mengukur keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik, diperlukan teknik dan instrumen evaluasi yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik memiliki karakteristik yang beragam. Karakteristik kompetensi berupa pengetahuan berbeda dengan karakteristik kompetensi berupa sikap dan keterampilan. Oleh karena itu, seorang guru harus menguasai berbagai macam teknik dan instrumen evaluasi agar bisa memilih, mengembangkan, dan menggunakan instrumen evaluasi dengan tepat untuk mengukur penguasaan kompetensi tertentu secara tepat. 

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.

Pada artikel ini saya akan bagikan File PDF Juknis dan Panduan Penilaian K13 SD/MI Edisi Revisi 2018 yang bisa bapak/ibu guru jadikan acuan penilaian di tahun pelajaran 2019/2020 ini. 
Juknis dan Panduan Penilaian K13 SD 2019

Teknik Penilaian Kurikulum 2013

a. Penilaian Sikap

Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.

1) Sikap Spiritual
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2) Sikap Sosial
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.

Penilaian sikap terdiri atas penilaian utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

b. Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. 

Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta  pemanfaatan hasil penilaian. 

c. Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

1) Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk.

2) Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan.

3) Penilaian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu.

Bagi Bapak Ibu guru yang ingin mempelajari Panduan Penilaian K13 revisi 2018 ini bisa mengunduhnya melalui link yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Panduan Lengkap Penilaian K13 SD - simpan

Demikian artikel Juknis dan Panduan Penilaian K13 Jenjang SD TP 2019/2020 yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan

PPG

Rapor

Akreditasi