Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dimulai Bulan Juli, Mendikbud : Itu Hanya Rumor

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dimulai Bulan Juli, Mendikbud : Itu Hanya Rumor

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dimulai Bulan Juli, Mendikbud : Itu Hanya Rumor

Berita yang berkembang di masyarakat terkait dimulainya Tahun Ajaran Baru 2020/2021 bagi sekolah di bulan Juli ditepis oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Hal ini disampaikan Mendikbud dalam Rapat Kerja secara telekonferensi dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Mendikbud menegaskan bahwa keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) bukan sepihak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Mendikbud juga menyampaikan bahwa Kemendikbud sudah siap dengan semua skenario, tetapi keputusan skenario mana yang akan dipakai tergantung keputusan Gugus Tugas.

Lebih lanjut, keputusan mengenai waktu dan metodenya akan juga berlandaskan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Tapi keputusan kapan, dengan format apa, dan seperti apa, karena ini melibatkan faktor kesehatan, bukan hanya pendidikan, itu masih di Gugus Tugas.

Terkait adanya berbagai rumor maupun pemberitaan yang mengabarkan Kemendikbud akan membuka sekolah pada awal tahun ajaran baru di bulan Juli dinyatakan Mendikbud tidak benar.

“Kami tidak pernah mengeluarkan pernyataan kepastian, karena memang keputusannya bukan di kami. Jadi mohon stakeholders atau media yang menyebut itu, itu tidak benar,” tegas Nadiem.

Usai rapat kerja Mendikbud menambahkan bahwa di banyak negara, awal tahun ajaran baru relatif tetap. Adapun demikian, penyesuaian metode belajar disesuaikan dengan kondisi dan status kesehatan masyarakat di masing-masing wilayah. 

Kemendikbud menilai saat ini tidak diperlukan adanya perubahan tahun ajaran maupun tahun akademik. Tetapi metode belajarnya apakah belajar dari rumah atau di sekolah akan berdasarkan pertimbangan gugus tugas.

BACA JUGA :  Transkip Pidato Medikbud Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020

Sumber : SIARAN PERS Nomor: 119/Sipres/A6/V/2020

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.