Cara Mengatasi Hilangnya Kompetensi Keahlian Dapodik Versi 2021 | Operator Dapodik Wajib Tahu

Cara Mengatasi Hilangnya Kompetensi Keahlian Dapodik Versi 2021 | Operator Dapodik Wajib Tahu

Kompetensi Keahlian Dapodik Versi 2021 Hilang

Sejak melakukan Instal Aplikasi Dapodik 2021 banyak teman-teman operator dapodik mengalami hilangnya daftar Kompetensi Keahlian. Banyak yang bingung mengenai masalah hilangnya program atau kompetensi keahlian di Dapodik Versi baru ini. Lantas apakah penyebabnya ? Apakah ada kesalahan saat proses instal  ulang dapodik 2021 ?, ataukah ada kesalahan download prefill dapodik saat registrasi offline aplikasi dapodik 2021 ? mari simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Hilangnya program keahlian di Aplikasi Dapodik 2021 ini bukan kesalahan Operator Dapodik sekolah.

Hal ini terjadi  disebabkan oleh salah satu poin perubahan yang terjadi di Aplikasi Dapodik Versi 2021. Salah satu perubahan tersebut tertulis dengan jelas di daftar perubahan Dapodik Versi 2021 pada poin nomor 16 yang berbunyi:

“[Perbaikan] Penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP) dan wajib menggunakan kurikulum 2013. Bagi SMK wajib menggunakan kurikulum 2013 REV”

Dari poin di atas dapat disimpulkan bahwa seluruh SMK sudah wajib menggunakan Kurikulum 2013 REV.  Sehingga menyebabkan hilangnya beberapa daftar jurusan atau Kompetensi Keahlian selain Kurikulum 2013 REV tersebut akan terkena cleansing.

Adapu solusi dari hal tersebut adalah berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk meminta ditambahkan Program atau Kompetensi Keahlian tersebut dengan membawa beberapa berkas pendukung.

Berikut ini merupakan contoh berkas yang diperlukan dalam proses penambahan Kompetensi

Keahlian Baru di SMK:

1. Surat Tugas dari sekolah.
2. Surat Permohonan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan cap basah.
3. Surat pengantar atau surat rekomendasi dari Cabang Dinas wilayah setempat.
4. Lampiran form Input Kompetensi Keahlian Baru SMK
5. Lampiran SK Pendirian/Pembukaan Kompetensi Keahlian

Berikut ini merupakan contoh Lampiran form Input Kompetensi Keahlian Baru SMK yang sudah kami sediakan dalam bentuk pdf.

BACA JUGA :  Solusi Dapodik : Prefill tidak Bisa Didownload karena Akun Kepala Sekolah Belum Terdaftar

Lampiran form Input Kompetensi Keahlian Baru SMK

Semoga bermanfaat 🙂

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.