Cara Merubah Tombol Tarik Data Menjadi Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik 2021 - Dapodik Bangkalan

Cara Merubah Tombol Tarik Data Menjadi Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik 2021


Cara Merubah Tombol Tarik Data Menjadi Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik 2021 | Mengatasi Tombol Sinkronisasi Berubah Menjadi Tarik Data.

Cara Merubah Tombol Tarik Data Menjadi Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik 2021 - Pada Aplikasi Dapodik versi 2021, terdapat penambahan pilihan proses pengiriman data. Selain metode sinkronisasi juga terdapat metode tarik data.


Banyak teman-teman operator mengalami kendala saat akan melakukan sinkronisasi tetapi tombol sinkron tidak muncul, malah yang muncul adalah tombol Tarik data.

Perbedaan Tarik data dan sinkronisasi aplikasi dapodik 2021 adalah:

Tarik data Aplikasi Dapodik 2021

Proses pengiriman data satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang terdapat di server saja. Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal (Aplikasi Dapodik) ke server. Data invalid yang terdapat di validasi lokal tidak akan berpengaruh terhadap proses tarik data ini.

Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2021

Proses pengiriman data dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server. Jika ada data yang invalid saat validasi lokal, proses sinkronisasi tidak dapat dilanjutkan.

Cara Tarik data Aplikasi Dapodik 2021

Untuk melakukan tarik data, pastikan peran pengguna yang dipilih ada kepala sekolah. Jika ditemukan ada data yang invalid dan warning, sistem akan otomatis mendeteksi proses tarik data. Klik tombol Ya untuk melanjutkan.

Selanjutnya akan tampil laman tarik data. Klik tombol Tarik Data untuk melanjutkan proses ini. Jika sukses, akan tampil progres tarik data ini di atas jendela dengan keterangan tombol Sedang Proses.

Jika proses tarik data sudah selesai, akan tampil waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses tarik data tersebut. Contoh tampilannya sebagai berikut di bawah. Setelah itu akan tampil tabel data yang mengalami perubahan dari server ke lokal (Aplikasi Dapodik).

Cara Merubah Tombol Tarik Data Menjadi Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik 2021

Dari pengalaman beberapa teman-teman operator yang mengalami tombol sinkronisasi dapodik 2021 berubah menjadi Tarik data bisa melakukan beberapa Langkah berikut : 
  1. Hilangkan Semua Invalid pada setiap tab di aplikasi dapodik 2021. 
  2. Salin data Guru dan Tenaga Pendidik beserta Penugasannya. 
  3. Usahakan jangan membuat kelas X terlebih dahulu. 
  4. Kemudian yang paling penting adalah mengisi data periodik semua ruangan di tab SarPras

Langkah ke 4 di atas adalah cara yang paling ampug dalam merubah tombol Tarik data yang bandel menjadi Sinkronisasi di aplikasi dapodik 2021.

BACA JUGA : 



Semoga bermanfaat :) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan

PPG

Dapodik

1 Lembar