Kesalahan Sepele Berakibat Fatal Saat Memakai Masker - Dapodik Bangkalan

Kesalahan Sepele Berakibat Fatal Saat Memakai Masker

Kesalahan Sepele Berakibat Fatal Saat Memakai Masker


Masker sudah menjadi salah satu benda yang tidak boleh tertinggal dan wajib dipakai saat bepergian. Tetapi sayangnya, orang-orang masih banyak melakukan kesalahan ketika memakai masker.

"Masker di era new normal itu sudah harus dijadikan kebiasaan, sama seperti dengan kita memakai baju yang sudah refleks. Kalau tidak pakai, pasti malu," ujar Kabid Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), Mika Inkiriwang melalui pesan singkat, Kamis (9/7 seperti yang dikutip dari cnnindonesia).

Saat menggunakan masker, ada protokol yang perlu diperhatikan. Kesalahan saat pemakaian berakibat pada menurunya efektivitas masker serta meningkatnya risiko penularan.


Berikut adalah beberapa kesalahan saat memakai masker.

1. Langsung dipakai

Sadar  atau tidak, kebanyakan orang memakai masker tanpa memperhatikan kondisi tangan. Padahal, belum tentu tangannya dalam keadaan bersih saat memakai masker.

Usahakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer sebelum mengenakan masker. Hal ini dilakukan untuk memastikan masker tetap steril saat hendak dipakai.

2. Menyentuh bagian depan masker

Kebanyakan orang pasti akan melepas masker. Nah pada Saat menanggalkan masker masih banyak didapati orang yang melepas masker dengan cara dipegang bagian depan masker.

Usahakan untuk tidak  menyentuh bagian depan masker saat membukanya, tetapi buka masker dengan melepas tali yang mengait di telinga.

Kenapa tidak boleh pegang bagian tengah masker? Karena di situ merupakan pusat bakteri dan virus menempel.

3. Menurunkan Masker ke bawah dagu

Kebiasaan ini paling banyak ditemui di masyarakat. Karena melepas masker dirasa sangat merepotkan apabila hendak dipakai kembali, banyak orang yang menurunkan masker ke bagian dagu saat makan, misalnya.

Padahal, menurunkan masker ke area dagu merupakan hal yang cukup berbahaya.

Tanpa kita sadari, hal tersebut dapat membuat membuat area kulit sekitar dagu terpapar bakteri atau virus yang menempel di atas permukaan masker.

4. Melipat Masker Sembarangan

Usahakan untuk melipat masker dengan baik. Jangan sampai bagian luar masker menyentuh bagian dalam masker.

Tujuannya sama yaitu untuk menghindari paparan bakteri dan virus yang menempel di bagian luar masker.

5. Tidak Konsisten Memakai Masker

Sebagian orang mengenakan masker hanya sebagai formalitas. Masker sering dilepas-pasang karena alasan ketidaknyamanan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa angka kasus positif Covid-19 terus meningkat setiap harinya. Kondisi tersebut seharusnya membuat orang sadar untuk rajin mengenakan masker.

Salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya  angka kasus positif  Covid-19 salah satunya adalah penggunaan masker yang tidak konsisten.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan

PPG

Dapodik

1 Lembar