Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 2020

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 2020

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 2020

Rekan-rekan semua, kali ini admin akan membagikan informasi mengenai  Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 2020
Mohon share nilai di kolom komentar ya agar yang lain bisa memanfaatkan juga, kami juga menerima koreksi dan saran di kolom komentar.

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 

Berikut ini adalah Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK  PPG Terbaru 2020

BACA JUGA :
gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
Kunci Jawaban Modul BAHASA INDONESIA PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul MATEMATIKA PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul PPKN PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul IPS PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul IPA PPG Terbaru 2020

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 
1. Berikutmerupakan pernyataan yang tepat tentang bahan ajar tematik berbasis TIK untuk pembelajaranremedial di SD kelas awal adalah …
a. Bahan ajarmemuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur seperti bahan ajar pokok dalam pembelajaranharian dengan mengintegrasikan TIK.
b. Bahan ajardikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran menggunakandukungan TIK.
c. Bahan ajardikemas secara tematik dengan memadukan seluruh mata pelajaran yang terikat padatema dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.X
d. Bahan ajarmemuat konsep tentang TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di SD.
e. Bahan ajardikemas secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang memadukan seluruhmata pelajaran dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.

2. Seorangpeserta didik di kelas 5 teridentifikasi mengalami kesulitan dalam memahami danmelakukan gerak senam pada mata pelajaran PJOK. Sejauh ini, guru hanyamemfasilitasi media pembelajaran yang dominan bersifat auditori sehinggapeserta didik tidak belajar secara maksimal. Apakah yang akan Anda lakukanseandainya Anda adalah guru tersebut?
a. Menggunakanmedia audio-visual agar peserta didik tersebut juga dapat melihat gerak senamdan diperkuat dengan contoh dari guru.X
b. Menggunakanmultimedia agar peserta didik tersebut dapat berinteraksi dengan baik dalam pembelajarantersebut.
c. Menggunakanmedia pembelajaran berupa audio dan diperkuat dengan contoh dari guru.
d. Menggunakanmedia pembelajaran yang dominan bersifat visual agar peserta didik tersebut bisamemahami materi pembelajaran.
e. Menggunakanmedia audio-visual agar seluruh peserta didik dapat memahami materi pembelajarandengan baik.

3. Dalampembelajaran di kelas, seorang guru menggunakan metode konvensional untuk menjelaskanproses terjadinya hujan. Akibatnya pada saat evaluasi, peserta didik tidakdapat menjelaskan kembali proses terjadinya hujan menggunakan bahasanyasendiri. Apakah yang seharusnya dilakukan oleh guru tersebut?
a. Guruseharusnya menggunakan aplikasi PowerPoint interaktif untuk menjelaskan prosesterjadinya hujan.X
b. Guruseharusnya menggunakan aplikasi Corel Draw untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.
c. Guruseharusnya menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menjelaskan proses terjadinyahujan.
d. Guruseharusnya menggunakan Microsoft Excel untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.
e. Guruseharusnya menggunakan aplikasi Microsoft Paint untuk menjelaskan proses terjadinyahujan.

4. Seorang gurukelas 2 menggunakan media pembelajaran berupa slide PowerPoint yang diproyeksikanmenggunakan proyektor. Slide tersebut hanya terdiri atas teks berbentuk tulisansaja tanpa disertai gambar. Bagaimanakah menurut pendapat Anda mengenai media pembelajaranyang digunakan guru tersebut?
a. Mediapembelajaran yang digunakan guru akan membantu peserta didik yang memiliki gayabelajar visual.
b. Mediapembelajaran yang digunakan guru seharusnya disertai dengan gambar bergerakatau animasi di setiap slide PowerPoint tentang materi pengembangan yangrelevan dengan materi pembelajaran.
c. Mediapembelajaran yang digunakan guru seharusnya disertai dengan gambar yang relevandengan materi pembelajaran karena peserta didik masih berpikir konkret.X
d. Mediapembelajaran yang digunakan guru seharusnya disertai dengan gambar bergerakatau animasi di setiap slide PowerPoint agar menarik perhatian peserta didikpada gambar tersebut.
e. Mediapembelajaran yang digunakan oleh guru akan membantu peserta didik untuk memahamikonsep dari materi pembelajaran secara menyeluruh.

5. Pembelajarandi SD yang relevan dengan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 adalah pembelajarandengan mengintegrasikan TIK. Bagaimanakah menurut pendapat Anda terkait haltersebut?
a. Mengajarkanpeserta didik untuk membuat aplikasi perlu mempertimbangkan perkembanganpsikologis mereka.
b. Mengajarkanpeserta didik untuk membuat aplikasi sangat sesuai agar mereka memiliki keahliandalam bidang teknologi.
c. Mengajarkanpeserta didik untuk membuat aplikasi kurang relevan karena TIK di SD hanyasebagai penunjang pembelajaran.X
d. Mengajarkanpeserta didik untuk membuat aplikasi harus disertai bimbingan guru agar aplikasisesuai dengan materi pembelajaran.
e. Mengajarkanpeserta didik untuk membuat aplikasi kurang relevan karena mereka belum mampumembuat aplikasi.

6. Saatpembelajaran puisi pada umumnya peserta didik hanya membuat dan membacakanpuisi saja tetapi jarang sekali diberikan kesempatan untuk menilai puisitersebut, sehingga peserta didik tidak mengetahui kelebihan dan kelemahan puisitersebut. Media pembelajaran di SD yang relevan untuk pembelajaran”apresiasi puisi” adalah…
a. Pembelajaranakan lebih efektif ketika puisi tersebut ditayangkan di papan tulis.
b. Pembelajaranakan lebih efektif ketika puisi ditayangkan menggunakan projektor untuk mengapresiasipuisi.X
c. Pembelajaranakan lebih efektif ketika menggunakan tayangan video untuk mengapresiasi puisi.
d. Pembelajaranakan lebih efektif ketika membaca langsung puisi untuk mengapresiasi puisi.
e. Pembelajaranakan lebih efektif ketika menggunakan earphone untuk mengapresiasi puisi.

7. Salah satutujuan dari pembelajaran tematik berbasis TIK adalah memudahkan kegiatanpeserta didik untuk melihat hubunganhubungan yang bermakna dari berbagaiinformasi yang didapatkannya. Kegiatan belajar di bawah ini yang menunjang tercapainyatujuan tersebut adalah…
a. Gurumenyampaikan materi dengan PowerPoint lalu peserta didik menyimak apa yang disampaikanoleh guru.
b. Peserta didikmemahami materi pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis TIK yangrelevan dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas tanpa penguatan dariguru.
c. Gurumembangun daya berpikir peserta didik dengan memberi kebebasan untuk mencaritahu segala hal yang berhubungan dengan materi pembelajaran berbantuan TIKsebelum guru menguatkannya.X
d. Peserta didikmencari materi pembelajaran pada media online dan menyampaikan materi pembelajaranyang telah dipelajarinya kepada teman-temannya.
e. Gurumenggunakan aplikasi KAHOOT dalam pembelajaran yang membangun daya berpikir,konsentrasi, dan jiwa disiplin peserta didik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupansehari-hari.

BACA JUGA :  Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya pengetahuan tentang prinsip, pendekatan, dan metode pembelajaran, terutama yang bersifat student-centered learning. Ini disebut:

8. Berikutmerupakan pernyataan yang tepat tentang aplikasi pembelajaran tematik berbasisTIK untuk pembelajaran di SD adalah …
a. Penggunaanaplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat olehguru agar peserta didik aman secara fisik dan mental.X
b. Penggunaanaplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengankonteks dunia nyata.
c. Penggunaanaplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selamapembelajaran berlangsung.
d. Penggunaanaplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telahberpikir abstrak.
e. Penggunaanaplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK hanya berperan sebagai alat bantu ataupendukung pembelajaran.

9. Seorang gurukelas akan mengembangkan LKPD dengan tujuan untuk membuktikan bahwa pesertadidik aktif dan mampu menyelesaikan tugas secara mandiri serta meningkatkansikap kritis dan inisiatif mereka dalam menemukan dan mengolah pengetahuan yangmereka dapatkan. Jenis LKPD yang relevan untuk tujuan tersebut adalah …
a. LKPD LatihanPsikomotorik Berstruktur, agar peserta didik dapat menuliskan temuantemuan yangmereka dapatkan selama menerapkan dimensi pengetahuan tertentu sehingga LKPDtersebut dirancang untuk membimbing atau memandu peserta didik dalam menyelesaikantugasnya.
b. LKPDEksperimental Berstruktur, agar peserta didik dapat menuliskan temuan-temuan yangmereka dapatkan sehingga LKPD tersebut dirancang untuk membimbing atau memandu pesertadidik dalam menyelesaikan tugas belajarnya.X
c. LPKDEksperimental Tak Berstruktur, agar peserta didik menuliskan temuan-temuan yangmereka dapatkan sehingga LKPD ini berperan sebagai alat bantu pembelajaranuntuk menyelesaikan tugas belajar peserta didik.
d. LKPDEksploratif Berstruktur, agar peserta didik dapat mengamati dan menganalisiskonsep dan materi pembelajaran sehingga LKPD tersebut dirancang untuk membimbingatau memandu peserta didik dalam menyelesaikan tugasnya.
e. LKPDEksploratif Tak Berstruktur, agar peserta didik dapat mengamati danmenganalisis konsep dan materi pembelajaran sehingga LKPD ini berperan sebagaialat bantu pembelajaran dalam menyelesaikan tugas peserta didik.

10. Penyampaianmateri pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan TIK sebagai pendukungatau penunjang pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dalam belajar. Salahsatu perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan yakni KAHOOT atau Quiziz. Sebagaiseorang guru, apa yang akan Anda lakukan ketika menggunakan aplikasi tersebut?
a. Menyampaikanmateri pembelajaran menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk meningkatkanmotivasi belajar peserta didik.
b. Menyampaikanmateri pembelajaran menggunakan aplikasi KAHOOT dan melakukan evaluasimenggunakan aplikasi Quiziz untuk memudahkan guru.
c. Menyampaikanmateri pembelajaran menggunakan aplikasi KAHOOT untuk meningkatkan motivasibelajar peserta didik.
d. Menyampaikanmateri pembelajaran menggunakan aplikasi Quiziz untuk meningkatkan motivasibelajar peserta didik.
e. Melakukanevaluasi hasil belajar peserta didik menggunakan aplikasi KAHOOT dan Quizizuntuk memudahkan guru.X

11. Materipembelajaran di SD yang relevan dengan tujuan pembelajaran “melalui mengamati benda-bendadi sekitar kelas, peserta didik dapat menunjukkan dua benda berbentuk kubus” adalah…
a. Materipembelajaran memuat konsep, prinsip, dan prosedur tentang kubus secara lengkap danmendetail.
b. Materipembelajaran paling tidak memuat kekuatan dan kelemahan peserta didik Ketika belajartentang bangun ruang berbentuk kubus.
c. Materipembelajaran memuat paling tidak konsep tentang kubus.X
d. Materipembelajaran memuat paling tidak pinsip tentang rumus volume kubus.
e. Materipembelajaran memuat paling tidak fakta tentang benda-benda berbentuk kubus

12. Pesertadidik di dalam kelas memiliki gaya belajar yang beragam. Seorang peserta didikyang memiliki gaya belajar kinestetik selalu mengalami kesulitan untuk memahamimateri pembelajaran yang disampaikan oleh guru menggunakan media visual. Apayang akan Anda lakukan seandainya menjadi guru tersebut?
a. Menumbuhkangaya belajar yang baru pada diri peserta didik dengan pendekatan individual.
b. Menerapkanstrategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik tersebut.
c. Mendampingipeserta didik tersebut selama pembelajaran berlangsung agar peserta didik memahamimateri pembelajaran.
d. Menerapkanmetode pembelajaran yang beragam ketika menyampaikan materi pembelajaran.X
e. Mendorongpeserta didik tersebut untuk menyesuaikan gaya belajarnya ketika guru menyampaikanmateri pembelajaran.

13. Pengayaandalam pembelajaran berbasis TIK bertujuan agar peserta didik terpenuhi kebutuhandan hak untuk belajar sesuai dengan kemampuan, potensi, dan kecerdasan mereka. Dalampembelajaran pengayaan, seorang guru menginginkan agar kemampuan berpikir pesertadidik terasah dengan cara menayangkan suatu masalah nyata menggunakan Video Playeryang ditayangkan melalui proyektor pada awal pembelajaran, sehingga pesertadidik terdorong untuk menganalisis materi pembelajaran secara mendalam.Pembelajaran yang relevan untuk digunakan dalam pembelajaran pengayaan tersebutadalah ….
a. discovery
b. problem basedlearningX
c. eksploratif
d. problemsolving
e. inkuiri

14. Gurubermaksud untuk mengembangkan LKPD berbasis TIK dengan cara memandu peserta didikdengan langkah kerja yang dapat ditayangkan melalui proyektor. Perangkat lunakyang sebaiknya digunakan untuk mendesain LKPD tersebut adalah ….
a. Corel Draw
b. MicrosoftExcel
c. AdobePhotoshop
d. MicrosoftPowerPointX
e. MicrosoftWord

15. Karakteristikmateri pembelajaran berikut yang relevan dengan karakteristik anak usia SD adalah…
a. Materipembelajaran dikemas dengan dominan teks tertulis yang mudah dibaca olehpeserta didik.
b. Materipembelajaran dikembangkan secara meluas dilengkapi ilustrasi-ilustrasi yang relevan.X
c. Materipembelajaran dikembangkan secara mendalam dan mendetail.
d. Materipembelajaran dikemas secara formal abstrak untuk membangkitkan motivasi belajarpeserta didik.
e. Materipembelajaran dikemas secara terurut dari abstrak ke konkret.

16. Seorang guruakan menyusun LKPD yang dilengkapi dengan materi utama dan materi tambahanuntuk peserta didik dengan tujuan agar mereka dapat membandingkan pengetahuan yangdidapatkan dengan materi pembelajaran yang terdapat dalam LKPD. Bagaimanakah pendapatAnda tentang LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut?
a. LKPD tersebutdapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang pada umumnyadilengkapi dengan berbagai pertanyaan untuk bahan remedial dan pengayaan.
b. Materitambahan disajikan untuk membantu peserta didik menemukan atau mengonstruksi informasiatau pengetahuan yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedangdipelajari.
c. Materitambahan menjadi materi yang harus dikuasai oleh peserta didik secara bertahap untukmenuntun peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari.X
d. Materitambahan disediakan bagi peserta didik sebagai pengetahuan baru sehingga merekamerasakan nilai moral dibalik pengalaman belajar yang dilaluinya yangbermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
e. Materitambahan dalam LKPD tersebut disediakan untuk membekali peserta didik denganmateri pembelajaran yang lebih luas dan bermakna sebagai bentuk penguatan danpengayaan.

17. Seorang gurukelas 5 SD telah mengembangkan LKPD tematik berbasis TIK dalam pembelajaranIPA. Teks LKPD berisi materi pembelajaran dengan langkah kerja peserta didik untukmeningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Bagaimanakah menurutpendapat Anda tentang LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK yang dikembangkanguru tersebut?
a. Saya tidaksetuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena seharusnya LKPDdikembangkan secara lengkap memuat informasi, tujuan, contoh, petunjuk ataulangkah kerja, dan hasil kerja.X
b. Saya tidaksetuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena seharusnya memuatbanyak ilustrasi atau gambar untuk memperkuat pemahaman peserta didik untukdapat memecahkan masalah.
c. Saya setujudengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena relevan dengan karakteristikpeserta didik SD kelas tinggi untuk dapat memecahkan masalah.
d. Saya setujudengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena mencakup materi danlangkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didikdalam memecahkan masalah.
e. Saya setujudengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena memungkinkan pesertadidik untuk menggali pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.

18. Gurumemberikan remedial pada peserta didik A dengan tingkat kesulitan yang rendahdan lebih banyak bercerita disertai ilustrasi berbantuan TIK. Sedangkan padapeserta didik B diberi kesulitan di atas peserta didik A dengan lebih banyakmenggunakan presentasi menggunakan PowerPoint ketika pembelajaran remedial.Pada kasus tersebut guru menerapkan prinsip pembelajaran remedial berbasis TIK,yaitu ….
a. interaktif
b. umpan balik
c. fleksibel
d. adaptifX
e. pelayanansepanjang waktu

BACA JUGA :  Salah satu tahapan budidaya yang tidak dapat di lewati saat kita melakukan budidaya ikan konsumsi agar ikan tetap sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya adalah

19. Seorang gurutelah membuat dan mengembangkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenisLKPD Eksperimental yang memuat serangkaian langkah-langkah yang harus dilakukandalam pembelajaran dan di dalamnya terdapat kegiatan mengamati dan menganalisiskonsep dan materi pembelajaran. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPDpembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?
a. LKPD yangtelah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu membimbing atau memandupeserta didik dalam menyelesaikan tugas belajar untuk menguasai kompetensi tertentu.
b. LKPD yangtelah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu peserta didik menemukan ataumengonstruksi informasi atau pengetahuan yang relevan dengan materi pembelajaranyang sedang dipelajari.X
c. LKPD yangtelah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu peserta didik dalam melakukantugas belajar secara mandiri dan aktif serta dapat memotivasi belajar mereka.
d. LKPD yangtelah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu meningkatkan rasa ingin tahu,sikap kritis, dan inisiatif peserta didik dalam menemukan dan mengolahpengetahuan yang mereka dapatkan.
e. LKPD yangtelah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu peserta didik dalam memahamimateri pembelajaran yang sedang dipelajari.

20. Pada saatpembelajaran siang hari, seorang guru menggunakan PowerPoint Interaktif untuk menampilkanmateri pembelajaran supaya tidak membosankan bagi peserta didik serta memanfaatkanaplikasi Quizcreator yang dapat membuat soal-soal evaluasi menjadi menarik untukdikerjakan peserta didik. Manakah pernyataan yang paling relevan dengan kondisitersebut?
a. Guru mencobamenerapkan aplikasi tersebut agar materi pembelajaran dapat ditampilkan denganmenarik dan efisien.X
b. Gurumemanfaatkan aplikasi tersebut karena telah tersedia di perangkat kerasmiliknya.
c. Gurumenggunakan aplikasi tersebut agar peserta didik di kelas dapat belajar denganhati yang riang.
d. Gurumemanfaatkan aplikasi tersebut agar peserta didik dapat fokus dalam belajarsehingga tujuan pembelajaran tercapai.
e. Gurumenggunakan aplikasi tersebut sebagai wujud pemanfaatan kemajuan TIK di era disrupsisaat ini.

21. Seorang gurukelas 5 telah melaksanakan pembelajaran tematik tentang tema Ekosistem berbantuanTIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru meminta peserta didik untuk membuatsuatu iklan di komputer masing-masing supaya peserta didik mampu memahami pelajaranlebih mendalam dan berkesan. Bagaimanakah menurut pendapat anda tentangpembelajaran yang telah dilaksanakan tersebut?
a. Guru kelirumelaksanakan pembelajaran berbasis TIK karena pembelajaran tersebut akan membuatpeserta didik menjadi pasif.
b. Guru kelirumelaksanakan pembelajaran karena tidak menjelaskan materi tentang TIK kepadapeserta didik.
c. Guru tepatmelaksanakan pembelajaran karena telah menempatkan TIK sesuai dengan perannyasebagai alat bantu pembelajaran.X
d. Guru tepatmelaksanakan pembelajaran tersebut karena telah menggunakan TIK selama pembelajaranberlangsung.
e. Guru kelirumelaksanakan pembelajaran karena TIK telah menggantikan peran guru secara keseluruhan.

22. Gurumenggunakan media pembelajaran berbasis TIK berbentuk alat bantu pembelajarandi kelas, tetapi peserta didik cenderung bermain-main dengan alat tersebut. Apayang harus guru lakukan agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan efektif ?
a. Memarahipeserta didik yang tidak memperhatiakan dan mengarahkannya agar dapat belajardengan tertib.
b. Membuataturan tegas yang disepakati bersama pada awal pembelajaran agar peserta didiktertib dalam belajar.X
c. Membiarkanpeserta didik bermain sepuasnya hingga akhirnya mengikuti pembelajaran.
d. Membagi pesertadidik menjadi beberapa kelompok kecil untuk beraktivitas secara kelompok.
e. Menggunakanberbagai pendekatan pembelajaran agar peserta didik dapat belajar sesuai dengankeunikannya.

23. Penerapanpembelajaran tematik berbasis TIK tidak bisa lepas dari prinsip-prinsipnya.Salah satu prinsip pembelajaran tematik yaitu prinsip fleksibel, dimana prinsipini bersifat luwes dimana guru dapat mengaitkan materi dari satu mata pelajarandengan mata pelajaran lainnya. Fungsi TIK yang paling relevan dengan prinsipfleksibel berdasarkan pernyataan di atas adalah …
a. TIK dapatmembantu guru merancang situasi didaktis yang mengaktifkan peserta didik selamapembelajaran dan TIK dapat memfasilitasi peserta didik untuk melakukanaktivitas belajarnya.
b. TIK dapatmembantu peserta didik untuk melakukan repersonalisasi atau melakukan pengalamanbelajar yang aktif dan membantu guru untuk memantau proses dan hasil belajar pesertadidik.
c. TIK dapatmembantu guru menyediakan stimulus yang kontekstual supaya peserta didik dapatmengaitkan berbagai konsep atau materi pembelajaran dengan stimulus tersebut.X
d. TIK dapatmembuat pembelajaran semakin menarik dan memotivasi peserta didik untuk belajar.
e. TIK dapatmembuat pembelajaran semakin menyenangkan dan memotivasi peserta didik untukbelajar sesuai dengan minatnya.

24. Seorangpeserta didik terindentifikasi memiliki gaya belajar visual. Ia kesulitanmemahami gerakan senam lantai yang sudah disampaikan oleh guru secara verbal.Apa yang akan Anda lakukan sebagai seorang guru untuk mengatasi hal tersebut?
a. Membuat danmengembangkan LKPD yang disertai langkah-langkah senam lantai dalam bentukilustrasi atau gambar secara sistematis.X
b. Membuat danmengembangkan LKPD yang di dalamnya terdapat kegiatan mengamati dan menganalisislangkahlangkah senam lantai.
c. Mengembangkandan menggunakan LKPD tematik yang hanya memadukan unsur visual.
d. Membuat danmengembangkan LKPD yang memuat langkah-langkah senam lantai secara sistematis.
e. MenggunakanLKPD tematik yang memuat berbagai jenis LKPD sesuai dengan karakteristik materipembelajaran dan mata pelajaran.

25. Seorang gurumemberikan tugas menggambar kepada peserta didik mengenai gambar dekoratif,kartun, dan karikatur yang akibatnya banyak kertas yang harus digunakan oleh pesertadidik untuk mengerjakan tugas tersebut. Apa yang harus Anda lakukan sebagai seorangguru di Era Revolusi Industri 4.0 terkait hal tersebut?
a. Gurumenggunakan Microsoft Paint.X
b. Gurumenggunakan Microsoft Word.
c. Guru tetapmenggunakan kertas, tetapi dengan ukuran yang kecil.
d. Gurumenggunakan Microsoft PowerPoint.
e. Guru tetapmenggunakan kertas.

26. Dalam prosespembelajaran, guru selalu memakai media pembelajaran berbasis aplikasi sehinggamembuat peserta didik menjadi ketergantungan. Apakah yang akan Anda lakukan sebagaiguru untuk menanggulangi hal tersebut?
a. Guru tidakperlu menggunakan aplikasi sebagai media pembelajaran karena berbahaya bagi pesertadidik.
b. Guru harusmenggunakan media pembelajaran yang variatif pada setiap pembelajaran.X
c. Guru tidakpeduli akan hal itu karena yang terpenting adalah tujuan pembelajaran tercapai.
d. Guru hanyamemakai aplikasi yang guru miliki di komputer miliknya dalam proses pembelajaran.
e. Guru harusmenyediakan media pembelajaran berbasis aplikasi pada setiap pembelajaran.

27. Seorang gurukelas telah mengembangkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPDEksperimental yang digunakan pada mata pelajaran IPA di SD kelas 4 yang mengandungsedikit petunjuk, alat dan bahan, serta langkah-langkah kerja yang di susun secarasistematis dan terstruktur untuk memandu peserta didik dalam melaksanakan eksperimenatau praktikum tertentu. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD pembelajaranberbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?
a. LKPD yangdikembangkan oleh guru membatasi peserta didik dalam mendapatkan hasil eksperimenyang telah dilaksanakan.
b. LKPD yangdikembangkan oleh guru berfungsi untuk mengembangkan pemahaman peserta didikterhadap suatu pelajaran.
c. LKPD yangdikembangkan oleh guru sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran di SDterutama untuk menggali pengetahuan konseptualX
d. LKPD yangdikembangkan oleh guru memungkinkan peserta didik berpikir secara ilmiah danmenggali sendiri pengetahuan.
e. LKPD yangdikembangkan oleh guru tidak sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran di SDterutama untuk menggali pengetahuan faktual dan konseptual

28. Seorang guruSD melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tematik berbasisTIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan bahan ajar yang telahdikemasnya secara audio-visual dalam bentuk PowerPoint (ppt) dan dilanjutkandengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik. Bagaimana menurutpendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?
a. Guru kelirumemahami peran TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderungmenggantikan perannya sebagai seorang guru.X
b. Guru kelirumenggunakan bahan ajar berbasis TIK karena bahan ajar berbasis TIK pada umumnyaakan membuat peserta didik menjadi pasif.
c. Guru telahmelaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 dan menyiapkanpeserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.
d. Guru telahmenempatkan TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaranberlangsung.
e. Guru telahmelaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan TIK selama pembelajaranberlangsung.

BACA JUGA :  Berikut ini yang langsung terbentuk setelah proses fertilisasi adalah

29. Berikut yangmerupakan cara merancang program remedial berdasarkan informasi hasil penilaianpada aspek pengetahuan adalah …
a. Metodepembelajaran yang diterapkan sama dengan metode pembelajaran yang telah diterapkansebelumnya.
b. Memberibimbingan secara perorangan bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalamikesulitan yang sama
c. Metodepembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan kesulitan belajar peserta didik.X
d. Memberibimbingan dengan memanfaatkan tutor sebaya yang juga merupakan peserta didik yangharus diremedial baik secara individu maupun kelompok.
e. Memberibimbingan secara kelompok bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitanbelajar yang berbeda.

30. Sebelummemulai kegiatan pembelajaran, guru menyiapkan berbagai buku yang berisiceritacerita hikmah dan menyiapkan video berisi film edukasi yang akanditayangkan di kelas. Dua komponen tersebut dikaitkan dengan kebutuhan belajarpeserta didik ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Hal tersebut diatas termasuk tahap kegiatan sistematis dalam mengembangkan bahan ajar berbasisTIK, yaitu ….
a. Analisissumber belajarX
b. Analisismateri pembelajaran
c. Penentuanjenis serta judul bahan ajar
d. Analisiskompetensi
e. Analisismedia belajar

Baca Juga
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 PPG 2020 Terbaru

Itulah penjelasan singkat mengenai Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 2020
Jangan lupa share nilai di kolom komentar ya.
Semoga Bermanfaat.

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.