Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik PPG 2020 Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik PPG 2020 Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik PPG 2020 Terbaru

Kali ini kami ingin berbagi Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 PPG Modul Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik.

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik PPG 2020 Terbaru

Tugas Akhir ini merupakan tugas yang diberikan untuk memperdalam pemahaman mahasiswa PPG tentang Konsep Dasar Ilmu Pendidik yang terdapat pada modul 1 pedagogik. Jawaban yang diberikan merupakan referensi yang bisa digunakan untuk menjawab.

Akan lebih baik jika jawaban atau referensi yang kami berikan bisa bapak ibu kembangkan sendiri. Karena manusia tak lepas dari kesalahan juga.

BACA JUGA :
gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
Kunci Jawaban Modul BAHASA INDONESIA PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul MATEMATIKA PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul PPKN PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul IPS PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul IPA PPG Terbaru 2020

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik PPG Terbaru

TUGAS AKHIR : KONSEP DASAR ILMU PENDIDIK

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi dalam modul 1 maka, kerjakanlah tugas terstruktur berikut ini!
1. Berdasarkan materi yang disajikan dalam KB 1 buatlah sebuah peta konsep yang menggambarkan hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga pendidik!

2. Seorang  petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD , A dibawa pindah kekota oleh pamannya yang  bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa , pada  usia 24 tahun A bekerja menjadi  supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa. Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal  mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan  pribadinya?

BACA JUGA :  Berikut yang bukan merupakan peristiwa perubahan wujud benda adalah?

3. Bapak Sigit adalah seorang guru yang bertugas di sekolah “X” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran berdasar pada teori belajar tertentu!

4. Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya belajar peserta didik pada kelas anda!

5. Buatlah strategi implementasi kurikulum 2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan?

JAWABAN TUGAS AKHIR MODUL PEDAGOGIK

Jawaban Nomor 1

Peta konsep yang menggambarkan hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga pendidik berdasarkan materi yamng disajikan dalam KB 1 

(sudah jelas).

Jawaban Nomor 2. 

Seorang  petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD , A dibawa pindah kekota oleh pamannya yang  bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa , pada  usia 24 tahun A bekerja menjadi  supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa. Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal  mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan  pribadinya? 

Dari narasi di atas dapat dilihat bahwa perkembangan manusia salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan dimana kita berada. Hanya saja dilihat dari kapabilitasnya kita tidak bisa memvonis bahwa A lebih baik dari B ataupun sebaliknya. Masing-masing mempunyai kelebihan di bidangnya masing-masing. 

A lebih berkompeten di bidang pertanian karena pedesaan dimana ia tinggal sangat familiar dengan kondisi geografis yang mendukung untuk mengembangkan kompetensi di bidang pertanian, perkebunan dan lain sebagainya. A sangat kecil kemungkinannya bisa menyamai kemampuan B dikarenakan kondisi lingkungan geografis kurang mendukung untuk melaksanakan pengembangan diri sebagaimana B. Dari segi penampilan bisa jadi A lebih sederhana karena kultur di pedesaan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesederhanaan. 

Sebaliknya B jauh berkembang misalnya di bidang tekonologi. Hal ini disebabkan karena di perkotaan sangat menuntut kemampuan IT. Masyarakat perkotaan akan dilihat sebelah mata /ketinggalan jaman apabila tidak mengikuti perkembangan teknologi. Berbeda dengan lingkungan pedesaan yang mana mereka tidak mengedepankan kemampuan teknologi. Selain itu penampilan B tentu harus menyesuaikan dengan kultur perkotaan yang serba modern yang berbeda dengan pedesaan yang sederhana. 

Jawaban Nomor 3.

Bapak sigit adalah seorang guru yang bertugas di sekolah “x” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran berdasar pada teori belajar tertentu! 

1. Pengelompokan : Dalam pengelompokan ini harus dipilih seorang leader yang mampu mengorganisasikan teman-temannya untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. 

2. Pembagian Peran : Setiap anggota kelompok mempunyai tugas yang berbeda-beda dimana setiap anggota kelompok saling berkaitan. Sehingga apabila satu anggota kelompok tidak bekerja akan berdampak kepada hasil kerja kelompok tersebut. Dengan demikian setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing 

3. Pemecahan Masalah : Setiap kelompok ditugaskan untuk memecahkan permasalahan yang melibatkan seluruh anggota kelompok. Tidak bisa dikerjakan secara individu. Selain itu harus ada batas waktu penyelesaian permasalahan. 

4. Presentasi Hasil Kerja Kelompok : Untuk presentasi hasil kerja kelompok ini sebagai wadah diskusi atau tanggapan dari kelompok lain. Sehingga setiap anggota kelompok harus benar-benar menguasai perannya masing-masing 

5. Reward : Penghargaan ini diberikan kepada kelompok yang paling bagus dengan parameter kekompakan, ketepatan waktu, dan lain-lain  

BACA JUGA :  Salah satu cara memperkirakan informasi dari teks nonfiksi adalah dengan membaca scanning. Ciri dari teks membaca scanning adalah?

Jawaban Nomor 4. 

Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya belajar peserta didik pada kelas anda! 

Ciri- ciri Gaya Belajar Visual : 
1. Bisa mengingat dengan lebih cepat dan kuat dengan melihat. 
2. Tidak terganggu dengan suara- suara yang berisik. 
3. Memiliki hobi membaca. 
4. Suka melihat dan mendemonstrasikan sesuatu. 5
. Memiliki ingatan yang kuat tentang bentuk, warna, dan pemahaman artistik. 
6. Belajar dengan melihat dan mengamati pengajar. 
7. Memiliki kemampuan menggambar dan mencatat sesuatu dengan detail. 

Ciri- ciri Gaya Belajar Auditori : 
1. Memiliki kemampuan mengingat yang baik dari mendengarkan. 
2. Tidak mampu berkonsentrasi untuk belajar jika suasananya berisik. 
3. Senang mendengarkan cerita atau dibacakan cerita. 
4. Suka bercerita dan berdiskusi. 
5. Bisa mengulangi informasi yang di dengarnya.  

Ciri-ciri Gaya Belajar Kinestetik: 
1. Ketika menghafal yaitu dengan cara berjalan atau membuat gerakan- gerakan. 
2. Menyukai belajar dengan praktik langsung atau menyentuh secara langsung. 
3. Anak yang aktif dan banyak bergerak, memiliki perkembangan otak yang baik. 
4. Menggunakan objek nyata sebagai alat bantu. 
5. Menyukai aktivitas pembelajaran yang aktif atau permainan.  

Jawaban Nomor 5. 

Buatlah strategi implementasi kurikulum 2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan? 

  1. Pembelajaran lebih diarahkan kepada kolaboratif bukan pada persaingan individualis 
  2. Pemanfaatan teknologi menjadi sebuah kewajiban dalam setiap pembelajaran 
  3. Kecakapan skill dalam mengaplikasikan 5M harus dilatih dengan berbagai penggunaan metode pembelajaran 
  4. Evaluasi pembelajaran harus sampai pada taraf C6 
  5. Pembelajaran harus berpusat kepada peserta didik sedangkan guru hanya sebagai fasilitator untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan 

Baca Juga
Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 PPG 2020 Terbaru

Semoga Bermanfaat.

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.