Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 PPG 2020 Terbaru : Perancangan Pembelajaran Inovatif

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 PPG 2020 Terbaru : Perancangan Pembelajaran Inovatif

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 PPG 2020 Terbaru : Perancangan Pembelajaran Inovatif 

Pada pagi yang cerah ini kami ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 Pedagogik : Perancangan Pembelajaran Inovatif.

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 PPG 2020 Terbaru

Sebagai disclaimer, bahwa semua jawaban dalam tugas akhir modul ini hanya sebagai referensi yang bersifat fleksibel menyesuaikan keadaan sekolah bapak dan ibu guru. Mengingat keadaan, kondisi, serta lokasi sekolah yang berbeda-berbeda pula dalam Merancang Pembelajaran Inovatif. Semoga dengan jawaban yang sederhana in dapat membantu mempermudah bapak / ibu dalam menjawab tugas akhir modul 4 ini.

Penerapan unsur-unsur terbaru dalam komponen RPP terletak pada: Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pendahuluan, Inti, dan Penutup Pembelajaran, serta Penilaian Pembelajaran. Hal itu sejalan dengan rencana penguatan karakter siswa pada kurikulum 2013 (Kemdikbud, 2018).

Pembedanya adalah pada unsur TPACK dan Neuroscience sebagai payung konsep pendekatan maupun model pembelajaran yang dipilih dalam rancangan pembelajaran dan juga adanya STEAM. STEAM merupakan salah satu pendekatan pembelajaran baru di Indonesia yang rancangannya telah dibahas pada Modul 4 KB 2.

Berikut ini merupakan karakteristik rancangan pembelajaran inovatif adalah dengan menerapkan unsur-unsur baru pembelajaran abad 21, antara lain: kolaborasi peserta didik-guru, berorientasi pada HOTS, mengintegrasikan ICT, berorientasi pada keterampilan belajar, mengembangkan keterampilan Abad 21(4C) dan 6 literasi , serta penguatan pendidikan karakter siswa. Karakter lainnya penerapan konsep TPACK, Neuorscience, Model pembelajaran STEAM maupun Digital Learning

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif PPG Terbaru 

1. Susunlah kembali RPP dari salah satu mata pelajaran atau tema yang Saudara miliki tapi belum dilaksanakan pada semester ini di kelas. Analisis dan terapkan unsur-unsur pembelajaran inovatif dalam RPP tersebut.

2. Identifikasilah kondisi sarana prasarana pendukung pembelajaran online, seperti kondisi laboratorium komputer dan jaringan internet di sekolah Anda! Identifikasi juga fasilitas online learning yang dimiliki peserta didik Anda, seperti smartphone, kemampuan peserta didik untuk mengakses teknologi elearning!

3. Susunlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran “blended learning” pada tema pembelajaran tertentu dan pada jenjang kelas tertentu menggunakan metode pembelajaran tertentu berdasarkan RPP konvensional yang sudah Anda susun!

BACA JUGA :
gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg
Kunci Jawaban Modul BAHASA INDONESIA PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul MATEMATIKA PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul PPKN PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul IPS PPG Terbaru 2020
Kunci Jawaban Modul IPA PPG Terbaru 2020

Jawaban Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif PPG Terbaru 

Jawaban No 1

Susunlah kembali RPP dari salah satu mata pelajaran atau tema yang Saudara miliki tapi belum dilaksanakan pada semester ini di kelas. Analisis dan terapkan unsur-unsur pembelajaran inovatif dalam RPP tersebut !

BACA JUGA :  Pengaruh perkembangan politik internasional bagi perluasan pengaruh PKI di dalam negeri dapat dibuktikan dengan sikap politik luar negeri Indonesia yang condong kepada

Silahkan buat RPP dari salah satu mata pelajaran atau tema yang belum diajarkan pada semester pertama ini, Anda bisa juga melihat arsip RPP yang sudah Anda siapkan, kemudian disusun Kembali dengan memasukkan unsur-unsur pembelajaran inovatif tersebut. Kemudian jelaskan jika RPP yang Anda buat itu sudah memuat unsur-unsur pembelajaran inovatif dengan menunjukkan ciri pembelajaran inovatif yang terdapat dalam RPP yang Anda buat.

Contoh RPP ada di bawah artikel ini

Jawaban No 2 

Kondisi sarana prasarana pendukung pembelajaran online, seperti kondisi laboratorium komputer dan jaringan internet di sekolah Anda! Identifikasi juga fasilitas online learning yang dimiliki peserta didik Anda, seperti smartphone, kemampuan peserta didik untuk mengakses teknologi elearning!

Referensi Jawaban 1 

Di sekolah kami Belum ada infrastruktur listrik, jaringan internet, media pembelajaran seperti Kompoter, LCD, Laboratorium sekolah kami belum memilikinya, menjadikan sekolah ini lambat berkembang dan tetap terpencil. Namun hal tersebut bukanlah kendala bagi kami untuk tetap mengajar secaraprofessional.

Kami berusaha untuk menjadi pendidik yang kreatif denganmengembangkan strategi pembelajaran yang peka dan peduli terhadap konteks budaya dan geografisnya. Dalam perencanaan dan proses pembelajaran, kami berusaha menguapayakan agar anak bisa melihat keterkaitan antara materi
pelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

Fasilitas Online learning yang dimiliki siswa juga masih sangat minim sekali, smartpon siswa kami semua tidak ada yang memilikinya, hanya saja orang tua merekaada sebagian yang memiliki hp sekedar untuk telfon dan SMS saja.

Kemampuan siswa untuk mengakses teknologi e-learning masih jadi pekerjaan rumah bagi kami sebagai guru, hingga saat ini anak – anak di sekolah kami belum ada yang mengenal ataupun mampu mengakses teknologi e-learning

Referensi Jawaban 2 

Di sekolah kami guru tetap mengajar di sekolah dengan memanfaatkan wifi ataupun jaringan LAN yang ada di laboratorium komputer. Guru menggunakan google classroom untuk membagikan materi maupun tugas kepada peserta didik. Sedangkan untuk tatap muka / virtual meeting menggunakan google meet karena durasi unlimited.

Berbeda dengan zoom dan cisco webex yang dibatasi maksimal 50 menit saja. Bahkan sebelum memasuki tahun ajaran baru, seluruh guru dibekali dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran yang nantinya diunggah di channel youtube sekolah.

Referensi Jawaban 3 

Untuk peserta didik tidak ada masalah dengan perangkat karena semuanya mempunyai smartphone dan ada juga yang mempunyai laptop. Sedangkan koneksi yang digunakan adalah kuota ataupun provider internet untuk rumahan seperti indihome, biznet, dan lain sebagainya. Sempat terjadi protes dari wali murid karena tagihan internet melonjak naik sehingga menuntut sekolah untuk menurunkan biaya SPP. Dan akhirnya sekolah menyanggupi untuk menurunkan biaya SPP sebagai kompensasi kepada wali murid. Sebelum dimulai PJJ seluruh murid mendapatkan tutorial penggunaan aplikasi zoom, google meeting, dan google classroom. Bahkan diadakan gladi bersih masing-masing kelas dengan dipimpin oleh wali kelas masing-masing supaya kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh berjalan
dengan baik dan lancar.

Secara garis besar, pelaksanaan pembelajaran online ini dengan menjadikan google classroom sebagai tempat untuk membagikan materi ataupun penugasan. Selain itu bisa juga untuk diskusi kelas seperti chat room. Materi yang dibagikan bisa berupa modul maupun video yang sudah diunggah di youtube. Kemudian bapak ibu guru melaksanakan KBM tatap muka melalui aplikasi google meet yang memungkinkan terjadi tanya jawab bahkan ada fitur presentasi juga yang dapat digunakan. Sedangkan untuk penilaian harian bisa menggunakan google form hanya saja nilai bisa langsung dilihat apabila bentuk soalnya pilihan ganda sedangakn essai harus melalui proses koreksi dulu oleh guru. Demikian pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di sekolah kami.

BACA JUGA :  Berikut ini merupakan syarat-syarat dari Rukun dalam pernikahan… Islam, Laki-laki, Tidak terpaksa, Adil, Bukan muhrim, tidak sedang Haji/umroh/ihram, Merdeka bukan hamba sahaya?

Jawaban di atas hanyalah sebuah referensi, silahkan dikembangkan sendiri sesuai keadan sekolah dan lingkungan peserta didik bapak/ibu.

Jawaban No 3 

Susunlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran “blended learning” pada tema pembelajaran tertentu dan pada jenjang kelas tertentu menggunakan metode pembelajaran tertentu berdasarkan RPP konvensional yang sudah Anda susun!

Berikut ini contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran “ Blended Learning ” Model Flipped Classroom. Jika ingin mendapatkan file word jawabannya silahkan isi form diakhir Artikel ini. Anda bisa lebih mudah menyesuaikannya.

Contoh Beberapa Kegiatan :
Kegiatan Pendahuluan
Orientasi

  • Guru mengucapkan salam lalu menanyakan kabar siswa 
  • Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum pembelajaran dimulai. 
  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. 
  • Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya. 
  • Peserta didik yang dapat paling awal diminta menceritakan kembali apa
  • yang semalam dipelajari di rumah 

Apersepsi

Guru memperlihatkan teh yang dibawanya dan mengajukan beberapa pertanyaan.
1.Apa manfaat teh?
2.Kira-kira, di mana teh tumbuh?
3.Pekerjaan apa saja yang terlibat sehingga teh dapat sampai ke konsumen?

Membaca teks di buku tentang “Tempat Hidup Tanaman Teh”
Bertanya jawab untuk menggali pemahaman siswa setelah membaca dan mencari informasi di intenet:
1.Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar-besaran?
2.Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?
3.Apa yang dapat kamu lakukan agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur?

Guru menanamkan konsep kesimpulan dari jawaban siswa dan menghubungkan dengan materi sebelumnya:
Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus dijaga keberadaannya. Penggunaan yang berlebihan akan merugikan mahluk hidup.

Motivasi

  • Peserta didik melakukan ice breaking berupa tepuk semangat sesuai arahan/panduan guru. 
  • Peserta didik mengikuti gerakan yang ditampilkan di layar LCD. 
  • https://www.youtube.com/c/sman1tanjungbumiofficial

B. Kegiatan Inti
Stimulation (pemberian rangsangan)

  • Membagi siswa menjadi kelompok secara acak dengan menggunakan undian angka 1 – 5. (masing-masing kelompok terdiri dari 4 anak) 
  • Peserta didik membentuk kelompok belajar berdasarkan kesamaan angka yang didapat dari undian. 
  • Guru menampilkan dengan LCD Projector gambar terkait pelestarian alam. 
  • Guru membagikan gambar berbeda di setiap kelompok. 
  1. Kelompok 1 :gambar pohon magrove dan hutan gundul 
  2. Kelompok 2 :gambar sampah plastik dan bibit pohon pinus 
  3. Kelompok 3 : gambar pantai dan daur ulang sampah 
  • Siswa saling bertukar gambar antar kelompok agar saling terkait. 
  • Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membuat deskripsi terkait pelestarian alam yang sesuai dengan gambar 
  • Melalui perwakilan kelompok siswa membaca deskripsi tentang pelestarian alam di depan kelas. 
  • Sikap dan keterampiilan peserta didik dinilai melalui pengamatan

Kumpulan Modul PPG

Baca Juga

Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2020 Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 PPG 2020 Terbaru

UNDUH FILE TUGAS AKHIR MODUL 4 DISINI

BACA JUGA :  Proses dimana kita memberikan tanggapan kepada lawan bicara

Semoga Bermanfaat

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.