Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Solusi Kemendikbud Membentuk Peserta Didik Berwawasan Abad 21 - Dapodik Bangkalan

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Solusi Kemendikbud Membentuk Peserta Didik Berwawasan Abad 21

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Solusi Kemendikbud Membentuk Peserta Didik Berwawasan Abad 21.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Solusi Kemendikbud Membentuk Peserta Didik Berwawasan Abad 21 - Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kemampuan minimum yang dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan Minimum Peserta Didik merupakan kemampuan paling dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik pada jenjang tertentu. Kemampuan dasar tersebut terdiri dari literasi membaca dan numerasi. Tujuan dari Asesmen ini adalah untuk mengukur dan meningkatkan Kemampuan Peserta Didik agar sesuai dengan kecakapan abad ke-21 yang mana dalam hal ini menuntut peserta didik agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Dengan menguasai kecakapan abad ke-21 ini peserta didik diharapkan memiliki keterampilan belajar dan bisa berinovasi, keterampilan menggunakan dan memanfaatkan teknologi/media informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skill). 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran, memiliki peranan penting dalam mewujudkan hal tersebut sehingga diperlukan adanya desain pengembangan soal AKM. Desain pengembangan soal ini sebagai kerangka sekaligus acuan dalamimplementasinya. Desain pengembangan soal AKM disusun dengan tujuan membantu dan memberi inspirasi kepada para pendidik dan sekolah dalam mengembangkan soal-soal yang dapat mengarahkan peserta didik memiliki kemampuan berpikir abad ke-21.

TAHAPAN PENYUSUNAN SOAL AKM

Pengembangan soal-soal AKM dilakukan melalui beberapa kegiatan: penyusunan desain,

  1. penyusunan dan analisis framework, 
  2. penyusunan stimulus, 
  3. penugasan penulisan soal, 
  4. penulisan soal, 
  5. penelaahan dan perbaikan soal, 
  6. perakitan soal/bahan ujicoba, 
  7. validasi soal, 
  8. uji coba soal, 
  9. penskoran dan analisis soal, 
  10. interpretasihasil analisis,
  11. seleksi soal, 
  12. penyusunan spesifikasi tes, 
  13. pemilihan soal,
  14. pemaketan soal, 
  15. proofreading, fiat, dan 
  16. pemanfaatan tes/soal. 

RUANG LINGKUP DESAIN PENGEMBANGAN SOAL AKM 

Ruang lingkup dalam pengembangan soal AKM meliputi Numerasi dan Literasi membaca peserta didik di kelas 2, 4, 5, 6, 8, 10, dan 11. Pengembangan soal dibagi kedalam 6 level, yaitu;
  1. level 1 (kelas 1—2), 
  2. level 2 (kelas 3—4), 
  3. level 3 (kelas5—6), 
  4. level 4 (kelas 7—8), 
  5. level 5 (kelas 9—10), dan 
  6. level 6 (kelas 11—12).

BENTUK SOAL AKM 2020

Bentuk soal AKM ada banyak variasi, yaitu ;
  1. pilihan ganda (PG), 
  2. pilihan ganda kompleks,
  3. menjodohkan, 
  4. isian, dan 
  5. esai atau uraian. 

PENJELASAN BENTUK SOAL AKM 2020

1. PILIHAN GANDA 

Soal pilihan ganda terdiri atas pokok soal dengan beberapa pilihan jawaban.Peserta didik diminta menjawab soal dengan memilih satu jawaban benar daribeberapa pilihan jawaban yang disediakan. Jumlah pilihan jawaban untuk soalkelas 1 sampai dengan kelas 3 sebanyak 3 pilihan (A, B, C), kelas 4 sampaidengan kelas 9 sebanyak 4 pilihan (A, B, C, D), dan kelas 10 sampai dengankelas 12 sebanyak 5 pilihan (A, B, C, D, E). 

2. PILIHAN GANDA KOMPLEKS 

Soal pilihan ganda kompleks terdiri atas pokok soal dan beberapa pernyataanyang harus dipilih peserta didik dengan memberi tanda centang (✓) pada kotak yang disediakan di depan setiap pernyataan yang dianggap sesuai dengan permasalahan pada pokok soal, pada kolom Ya/Tidak, pada kolom Benar/Salah,atau pilihan lain yang sesuai. 

3. MENJODOHKAN

Bentuk soal menjodohkan digunakan untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam menyesuaikan dan mencocokkan, dan menghubungkan antardua pernyataan yang disediakan. 

4. ISIAN ATAU JAWABAN SINGKAT 

Soal isian dan jawaban singkat adalah soal yang menuntut peserta tes untukmemberikan jawaban secara singkat, berupa kata, frasa, angka, atau simbol.

5. ESAI ATAU URAIAN

Soal uraian adalah soal yang jawabannya menuntut peserta didik untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan-gagasan dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis. 

Untuk lebih memahami mengenai Desain Pengembangan Soal AKM 2020, teman-teman bisa mendapatkan modulnya dibawah ini.

DOWNLOAD MODUL DESAIN PENGEMBANGAN SOAL AKM 2020 () 

Demikian Postingan Kami mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Solusi Kemendikbud Membentuk Peserta Didik Berwawasan Abad 21, Semoga Bermanfaat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan