CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2 - Dapodik Bangkalan

CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2

CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2


CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2 - Cek Info GTK bisa dilakukan apabila sudah menyelesaikan proses entri dan update data dapodik ditiap awal semester. Cek Info GTK pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 sudah bisa dicek. Di dalam Info GTK merupakan singkatan dari Informasi GTK. Dimana website ini memuat semua data Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang datanya sudah diinput dalam Aplikasi Dapodik. Semua data yang terdapat pada lembar info gtk merupakan hasil dari penarikan data dari Aplikasi Dapodik. Biasanya Penarikan Data dari Dapodik ke Info gtk dilakukan setiap 7 hari. Jadi apabila melakukan perbaikan data di Aplikasi Dapodik, tidak serta merta langsung bisa berubah di laman Info GTK. Hal Tersebut membutuhkan waktu sekitar seminggu atau dua minggu agar data yang mengalami perubahan di Aplikasi Dapodik masuk ke Laman Info Gtk. Laman info gtk bisa diakses melalui laman ini https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Akan ada tiga macam status yang akan ditampilkan dalam laman info gtk, ketiganya akan kami bahas di bawah ini.
CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2
CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2


Cara Mengecek dan Mencetak InfoGTK terbaru


Pada semester ini info gtk mengalami beberapa perubahan dari versi sebelumnya. Versi terbaru diberi nama Info Gtk V.2020.2. Selain bisa mengecek data pada semester ini, info gtk V.2020.2 terda[at menu rekam jejak. Sehingga Anda juga bisa melihat Rekam Jejak info gtk sebelumnya Dalam menu rekam jejak. 
- InfoGTK 20201 Periode Januari-Juni 2020
- InfoGTK 20192 Periode Juli-Desember 2019
- InfoGTK 20191 Periode Januari-Juni 2019
- InfoGTK 20182 Periode Juli-Desember 2018
- InfoGTK 20181 Periode Januari-Juni 2018

CARA CEK & CETAK INFO GTK V.2020.2

Cara Mengecek INFO GTK V.2020.2

Untuk mengecek dan mencetak info gtk, anda akan diminta untuk memasukkan username dan password akun ptk dapodik. Siapkan terlebih dahulu akun PTK Dapodik yang sudah terverifikasi. Bagaimana dengan akun PTK Dapodik yang belum terverifikasi, apakah tidak bisa mengecek info gtk ?, Tenang saja, meskipun akun PTK Dapodik belum terverifikasi, masih bisa melakukan cek & cetak info gtk dengan catatan usahakan akun tersebut terverifikasi nanti. Kemudian pastikan operator sekolah sudah melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik minimal seminggu sebelum cek & cetak info gtk.

Berikut langkah mengecek info gtk terbaru :
  1. Buka browser, saya menyarankan Google Chrome.
  2. Buka laman resmi InfoGTK di : https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  3. Pilih Menu Login Info GTK, akan ada 2 pilihan terkait Autentikasi Pengguna Dapodik, yaitu "Login Langsung ke GTK" atau "Login Menggunakan SSO" Anda bisa memilih salah satunya. ( saya lebih memilih login langsung ke GTK, karena Login Menggunakan SSO kadang-kadang sering gangguan)
  4. Kemudian masukkan email PTK Dapodik dan passwordnya, dan jangan lupa masukkan Kode Captcha yang tertulis pada kolom yang disediakan.
  5. Klik Menu Login, maka akan ditampilkan informasi gtk :
  • STATUS VALIDASI TUNJANGAN PROFESI : VALID : Sudah Siap SKTP
  • STATUS VALIDASI TUNJANGAN PROFESI : VALID (Menunggu Konfirmasi Dinas) : Masih harus melakukan pemberkasan
  • STATUS VALIDASI TUNJANGAN PROFESI : BELUM VALID : Masih harus melakukan perbaikan data dari Dapodik

Mengatasi Status Validasi TUNJANGAN PROFESI : BELUM VALID

Apabila status tunjangan profesi Belum Valid di lembar Info GTK, silahkan perhatikan baik-baik pada lembar info gtk dimana poin yang masih merah. Berikut adalah contoh beberapa kasus tunjangan profesi belum valid;
  • Apabila JJM tidak terbaca Silahkan cek bagian rombel di dapodik, pastikan Pembelajaran dan Jumlah siswa sudah sesuai ketentuan.
  • Apabila Gaji Pokok Tidak sesuai maka Pastikan SK Kenaikan Gaji Berkala sudah dientrikan ke Dapodik.
  • Apabila Invalid pada kelengkapan data Verifikasi Manual Pangkat dan Golongan tetapi riwayat kepangkatan sudah sesuai dengan Dapodik, silahkan klik pada update data BKN / Verifikasi BKN dibagian paling bawah/data pangkat dan golongan di dapodik.

Cara Mencetak INFO GTK V.2020.2

Setelah berhasil login pada laman info gtk dan status sudah valid, anda bisa mencetak lembar info gtk dengan klik tombol CETAK yang yang terdapat disebelah kanan atas, bersebelahan dengan tombol LOGOUT. atau anda bisa langsung menekan tombol shortcut Ctrl+P dari keyboard untuk mencetaknya.


Demikian Postingan kami kali ini mengenai CARA CEK & CETAK INFO GTK v.2020.2, Semoaga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan