PANDUAN Lengkap VervalPD di vervalpd data kemdikbud go id

PANDUAN Lengkap VervalPD di vervalpd data kemdikbud go id

Halo Rekan-rekan Dapodik Bangkalan, Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berkaitan dengan NISN Siswa, yaitu Cara melakukan Verifikasi dan Validasi Peserta didik atau yang biasa disebut VervalPD. Proses ini bertujuan untuk memvalidasi biodata siswa seperti Nama, Tempat Tanggal lahir, NISN, Nama orangtua dan juga untuk penerbitan NISN baru bagi Siswa yang belum mempunyai NISN(Nomor Induk Siswa Nasional). 
Lantas bagaimana prosedur untuk melakukan proses vervalPD ini? 

Berikut Langkah-langkah Prosedur Verval Peserta Didik

1. Silahkan mengakses Halaman VervalPD di: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
2. Isikan username (email) dan password sesuai dengan akun yang didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM).Jika mengalami kesulitan untuk login di vervalPD, Silahkan membaca artike berikut : Solusi Tidak Bisa Login di VervalPD

3. Setelah berhasil login, makan akan tampil halaman beranda. Menu HOME di bagian kiri menampilkan Perbandingan data Peserta Didik pada diagram pie, bila krusor kita arahkan ke diagram
pie tersebut maka akan terlihat data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam referensi yang di gambarkan dengan warna biru, Data Invalid warna merah , Data Belum memiliki NISN warna ungu dan Data Tidak memeilii NISN warna orange di sertai dengan angka dan presentasenya
4. Langkah selanjutnya Klik menu REFERENSI, kemudian Klik tombol AKTIF, maka akan tampil data peserta didik dengan NISN valid.
5. Selanjutnya Klik Menu BELUM MEMILIKI NISN, tampil daftar data Peserta Didik Mutasi masuk dari sekolah lain yang merupakan data siswa hasil sinkronisasi dari aplikasi Dapodik dengan proses registrasi masuk ke rombel sebagai MUTASI. 
6. Klik tombol MUTASI SISWA, maka tampil pencarian data siswa mutasi di
sekolah asal.(syaratnya siswa harus sudah diregistrasikan keluar/mutasi keluar dari sekolah asal)
Cara mencari data siswa mutasi di sekolah asal :
    Pilih nama PROPINSI dari sekolah asal,
    Pilih nama KABUPATEN/KOTA dari sekolah asal, dan
    Pilih sekolah asal dengan mengetikkan NPSN
    Pilih Nama Siswa , Klik PILIH SISWA


> Jika data sekolah ditemukan, namun data siswa yang dimaksud tidak ditemukan, cukup klik PILIH SEKOLAH
>Jika data sekolah asal dan data siswa (kedua datanya) tidak ditemukan sama sekali, klik TIDAK DITEMUKAN
Setelah proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator
Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> BERDASAR MUTASI.
Setelah di Approve data siswa akan kembali ke Menu Referensi Aktif 
7. Klik Menu STATUS PENGAJUAN MUTASI , tampil daftar Kemajuan Progres Data Peserta Didik pengajuan Mutasi.
Menu ini adalah hasil dari proses Klik Mutasi di menu BELUM MEMILIKI NISN
8. Klik Menu Data INVALID
Daftar siswa yang ada di sini menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik. Jika ada kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik, maka sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur ini. Cek kembali di Dapodik dan perbaiki 
Contohnya: ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain. 
9. Klik Menu EDIT DATA , Pilih sub menu Pengajuan, Pilih sub menu Nama & Tanggal Lahir
Data peserta didik yang sudah menjadi Referensi Aktif VervalPD masih bisa diajukan perubahan. Variabel identitas yang bisa diajukan perubahan dari VervalPD meliputi: 
Nama – Tempat Lahir – Tanggal Lahir – Jenis Kelamin – Nama Ibu Kandung
10. Menu STATUS EDIT DATA
Menampilkan informasi terkait pengajuan perubahan (EDIT DATA) yang telah diajukan Operator Sekolah. Melihat sejauh mana pengajuan perubahannya, sudah berhasil diajukan atau belum, kapan diajukan, sudah disetujui atau belum, kapan disetujui/ditolak, atau pun ditolak dengan alasan apa.
Baca Juga : Tanya Jawab Seputar VervalPD
Panduan Lengkap VervalPD untuk Jenjang SD – Download
Panduan Lengkap VervalPD untuk Jenjang SMP/SMA/SMK – Download
BACA JUGA :  Jumlah uang Rachel dan Acha Rp28.000,00. Perbandingan kelereng Rachel dan Acha 3 :4. Tentukan jumlah uang Rachel!

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.