Cara Cek NISN Siswa secara Online Terbaru Untuk Persiapan Registrasi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021

Cara Cek NISN Siswa secara Online Terbaru Untuk Persiapan Registrasi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021

Cara Cek NISN Siswa secara Online Terbaru Untuk Persiapan Registrasi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan nomor kode pengenal identitas bagi siswa Indonesia yang sifatnya unik dan melekat selamanya.

Semua siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, sampai pendidikan tinggi wajib mengetahui cara cek NISN secara online. Hal tersebut untuk mempermudah proses pendaftaran pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Registrasi di portal LTMPT untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

cek nisn secara online
cek nisn secara online


Berdasatkan situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud),me NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang mengenyam pendidikan di setiap satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan secara resmi terdaftar di Kemendikbud.

Cara Cek NISN Siswa secara Online

Ada 7 Langkah cepat bagi siswa untuk mengecek nomor NISN  secara mandiri melalui situs server data Kemendikbud.

Yang perlu dipersiapkan adalah Nama lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir serta Nama Ibu Kandung,setelah data tersebut lengkap silahkan ikuti cara cek NISN siswa secara online berikut ini:

  1. Buka browser dari dekstop/HP kemudian akses laman NISN di alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Siswa akan dibawa ke beranda pencarian NISN, kemudian lengkapi semua pada kolom isian di sebelah kiri
  3. Isi kolom NISN dengan 10 digit yang dimiliki
  4. Isi nama lengkap ibu kandung siswa
  5. Ketik kode captcha yang sesuai
  6. Untuk mencari,  klik tombol ‘Cari data’
  7. Apabila data yang masukkan telah valid, maka data dan NISN siswa akan ditampilkan.

Siswa juga bisa mencari NISN berdasarkan nama. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan validnya data apabila pengguna lupa nomor NISN miliknya yang terdaftar.

Selengkapnya bisa melihat video di bawab ini

Tips Berhasil Cek NISN secara Online

Situs Kemendikbud ini sering lemot karena overload yang disebabkan banyaknya siswa yang mengakses secara bersamaan. Biasanya hal ini terjadi ketika menjelang pendaftaran LTMPT untuk SNMPTN dan SBMPTN.

BACA JUGA :  6 Sertifikat Sakti Untuk SNMPTN 2021

Apabila laman sering error, silahkan coba reload atau refresh dan pastikan untuk menggunakan provider internet yang lumayan stabil kecepatannya.

Tujuan dan Manfaat NISN Bagi Siswa

Siswa perlu mengetahui beberapa tujuan dan manfaat NISN secara online, meliputi:

Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia. Dengan NISN ini bisa dengan mudah memantau perkembangan riwayat pendidikan siswa. Termasuk perubahan data, seperti mutasi, tahun kelulusan, hingga data siswa putus sekolah.

Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Setelah mengetahui cara cek NISN online, maka siswa tak perlu repot-repot datang dan menemui petugas sekolah untuk meminta 10 digit nomor unik ini.

Namun, ada baiknya Anda selalu menyalin atau memotret nomor NISN yang dimiliki guna kebutuhan di masa mendatang apabila situs mengalami error atau tidak dapat diakses sementara waktu.

Demikian artikel kami kali ini mengenai Cara Cek NISN Siswa secara Online Terbaru Untuk Persiapan Registrasi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021.

Semoga Bermanfaat.

Apabila ada pertanyaan silahkan ketik di kolom komentar.

sumber artikel : referensi data kemdikbud, cnn, pengalaman pribadi

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.