Guru PPPK Berpeluang Jadi CPNS Bila Berkinerja Baik, Seleksi CPNS Guru Jalan Terus - Dapodik Bangkalan

Guru PPPK Berpeluang Jadi CPNS Bila Berkinerja Baik, Seleksi CPNS Guru Jalan Terus

Guru PPPK Berpeluang Jadi CPNS Bila Berkinerja Baik, Seleksi CPNS Guru Jalan Terus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempertimbangkan guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berpeluang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal tersebut berdasarkan Pernyataan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril, dalam konferensi video, "Nantinya kinerja yang baik dari guru PPPK dapat jadi pertimbangan penting jika guru PPPK ingin melamar jadi CPNS,"

ilustrasi Guru Honorer
ilustrasi Guru Honorer

Mendikbud Menyatakan Kinerja yang baik sebagai guru PPPK Bisa Menjadi Pertimbangan ke CPNS

Pernyataan tersebut senada dengan keterangan Mendikbud Nadiem Makarim dalam postingan di akun Instagramnya "Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS".

Baca Juga : Nadiem Makarim Tegaskan Formasi Guru CPNS Masih Ada, Guru Honorer Jalur PPPK


Formasi CPNS Guru Tidak Dihapus

Syahril juga memaparkan bahwa formasi guru tidak dihapus dari CPNS. Tetapi, tahun ini Kemendikbud mendorong guru honorer maupun lulusan dari program pendidikan profesi guru untuk mendaftarkan diri pada seleksi PPPK 2021.

Saat ini Kemendikbud tengah mengupayakan kuota hingga 1 juta guru untuk menjadi PPPK pada seleksi tahun 2021 ini. Namun guru yang lolos menjadi PPPK apabila dikemudian hari ingin mengikuti CPNS masih bisa.

Baca juga : Soal Tes Seleksi PPPK Materi Soal Manajerial Terbaru


Tahun 2021 Fokus Pada Perekrutan 1 Juta PPPK

"Tahun ini fokus kita perekrutan sampai 1 juta formasi guru di jalur PPPK. Kota harap dengan formasi ini bisa memenuhi supply demand kebutuhan guru yang bisa dibenahi," jelasnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim menampik kabar bahwa formasi guru CPNS akan dihapus seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.


Alasan Mutasi Menjadi Latar Belakang BKN Mewacanakan Penghapusan CPNS Guru

Bima mengatakan keputusan ini diambil dengan alasan guru kerap meminta dimutasi ke daerah lain setelah mengabdi 4-5 tahun. Hal tersebut dikatakan mengganggu pengelolaan guru di pemerintah.

Namun belakangan ini Bima mengatakan masih ada kemungkinan opsi membuka formasi guru untuk CPNS 2021. Hanya saja kuota yang disediakan akan terbatas karena ada perekrutan guru PPPK.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Latihan PPPK 2021

"Hingga saat ini tidak tertutup kemungkinan bagi pemerintah untuk tetap membuka formasi CPNS untuk guru. Namun ini dilakukan secara terbatas guna menjamin keberlangsungan pendidikan," kata Bima.

Demikian Artikel Kami Kali Ini Tentang Guru PPPK Berpeluang Jadi CPNS Bila Berkinerja Baik, Seleksi CPNS Guru Jalan Terus.

Segera Cairkan !  Berikut Cara Mencairkan Bansos BST Rp300 Ribu Melalui Kantor POS, Siapkan Syarat Pencairannya 

Sumber Artikel : Instagram NadiemMakarim, CNN Indonesia

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan