Muncul Pesan Terjadi Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud Saat Registrasi Akun LTMPT, Lakukan Langkah Berikut - Dapodik Bangkalan

Muncul Pesan Terjadi Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud Saat Registrasi Akun LTMPT, Lakukan Langkah Berikut

Muncul Pesan Terjadi Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud Saat Registrasi Akun LTMPT, Lakukan Langkah Berikut

Proses Pendaftaran LTMPT untuk Seleksi SNMPTN sudah dibuka mulai dari tanggal 4 Januari 2021 - 1 Februari 2021. Saat pertama kali melakukan pendaftaran,  ada siswa yang bisa melakukan pendaftaran dengan lancar dan ada yang mengalami permasalahan munculnya pemberitahuan "terjadi kegagalan koneksi dengan Dapodik Kemdikbud", dan ada pula yang "Kegagalan Koneksi dengan Emis Kemenag".

Pesan Terjadi Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud Saat Registrasi Akun LTMPT
 Pesan Terjadi Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud Saat Registrasi Akun LTMPT


Permasalan di atas tidak hanya dialami oleh siswa, namun juga dialami oleh admin/operator sekolah saat akan melakukan pendaftaran akun sekolah.

Saat melakukan registrasi akun sekolah, ketika sudah memasukkan NPSN dan Kode Registrasi Sekolah tiba-tiba muncul keterangan "Terjadi masalah dengan API DAPODIK KEMDIKBUD", dan juga "Terjadi Masalah dengan API EMIS Kemenag".

Penyebab dan Solusi Permasalahan Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud dan  Emis Kemenag

1. Muncul Pesan Isian Registrasi Tidak Sesuai

Saat Melakukan Pendaftaran muncul pesan peringatan isian registrasi tidak sesuai, Data isian yang anda masukkan tidak sesuai dengan data yang tercatat di basis data Kemdikbud/Kemenag. Mohon Periksa kembali isian Anda secara seksama.

Penyebab dari munculnya pesan peringatan tersebut adalah karena adanya ketidaksamaan data yang diinput siswa dengan data di Dapodik

Untuk menanggulangi masalah tersebut bisa dengan menanyakan NISN siswa kepada pihak sekolah apakah NISN dan tanggal lahir sudah sesuai dengan yang ada di dapodik atau siswa bisa mengecek NISN secara mandiri secara online dengan cara di bawah ini.

Cara Cek NISN Siswa secara Online Terbaru Untuk Persiapan Registrasi LTMPT dan SNMPTN Tahun 2021

2. Muncul Pesan Terjadi Masalah dengan API Dapodik Kemdikbud 

Saat Melakukan Pendaftaran muncul pesan peringatan Terjadi Masalah dengan API Dapodik Kemdikbud.

Penyebab munculnya peringatan tersebut adalah karena terlalu banyak yang mengakses situs LTMPT yang mengakibatkan traffik ke web LTMPT menjadi penuh dan terjadi rebutan untuk masuk.

Solusi masalah di atas adalah dengan mencoba secara berkala di waktu yang sekiranya tidak banyak orang yang mengakses atau dengan cara yang lebih ekstrem dengan menggunakan VPN.

Berikut Cara Registrasi Akun LTMPT untuk Daftar SNMPTN 2021

3. Muncul Pesan Terjadi Masalah dengan API Emis Kemenag

Saat Melakukan Pendaftaran muncul pesan peringatan Terjadi Masalah dengan API Emis Kemenag.

Penyebab munculnya peringatan Terjadi Masalah dengan API Emis Kemenag adalah karena data EMIS belum tersinkronisasi dengan data Dapodik

Solusi masalah di atas adalah dengan menghubungi sekolah agar segera mengurus sinkronisasi data dengan melaporkan hal tersebut ke portal halo.ltmpt.ac.id

Demikian artikel kami pada kali ini mengenai Mengatasi Muncul Pesan Terjadi Kegagalan Koneksi Dengan Dapodik Kemdikbud Saat Registrasi Akun LTMPT, Semoga Bermanfaat.

Apabila ada pertanyaan, silahkan ketik di kolom komentar.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan