Cara Mudah Instal Aplikasi EDS Dikdasmen (PMP Offline)

Cara Mudah Instal Aplikasi EDS Dikdasmen (PMP Offline)

cara download dan instal aplikasi EDS OFFLINE
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Tepat di tanggal 11 November 2019 Aplikasi yang sudah ditunggu-tunggu oleh Operator di seluruh Indonesia akhirnya rilis dengan nama Aplikasi EDS DIkdasmen Versi 2019.11. Ditjen Dikdasmen telah merilis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019 yang terdiri dari Aplikasi Web Portal PMP, EDS Dikdasmen Daring, Supervisi Mutu, dan Manajemen PMP. Aplikasi tersebut dapat diakses dengan metode dalam jaringan (daring). Melihat kondisi jangkauan internet yang masih beragam pada sekolah-sekolah di beberapa wilayah Indonesia, Ditjen Dikdasmen merilis Aplikasi PMP Offline atau yang sekarang disebut Evaluasi Diri Sekolah dengan metode luar jaringan (luring) atau Aplikasi EDS Dikdasmen Offline.
Melalui Postingan ini saya jelaskan disertai gambar tentang cara download dan instal aplikasi EDS Offline 2019. semoga panduan ini bisa bermanfaat bari rekan-rekan Operator sekalian.

Cara Download dan Instal Aplikasi EDS Offline.

1. Pastikan di komputer/laptop rekan-rekan Operator sudah terinstall Aplikasi Dapodik (saat ini versi Dapodik 2020.a)

Versi aplikasi dapodik

2. Unduh Aplikasi EDS Dikdasmen Offline pada laman pmp.kemdikbud.go.id/unduhan atau menggunakan link alternatif ini : Aplikasi EDS versi 2019.11

Aplikasi EDS Dikdasmen 2019

3. Setelah berhasil mengunduh Aplikasi EDS Offline 2019, lakukan proses instal. (jangan lupa klik kanan – Run As Administrator)

langkah Awal Instal Aplikasi EDS Offline
Instal Aplikasi EDS PMP OFFLINE

4. Langkah selanjutnya, agar kita bisa login ke Aplikasi PMP / EDS Offline tersebut, silahkan unduh prefill PMP dengan menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodikdasmen pada laman pmp.kemdikbud.go.id/unduhan.

LINK PREFILL EDS

5. Kemudian pindahkan Prefill PMP yang sudah diunduh ke folder C:prefill_dapodik
6. Buka Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dan lakukan proses registrasi seperti Aplikasi Dapodikdasmen

Proses Registrasi Aplikasi EDS Offline

7. Setelah melakukan proses registrasi silahkan Login ke Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dengan menggunakan akun Dapodik.

Tampilan Aplikasi EDS OFFLINE

8. setelah tampil halaman beranda seperti gambar di atas, artinya rekan-rekan sudah berhasil menginstal Aplikasi PMP/EDS Offline Tahun 2019.

BACA JUGA :  Cara Mengecek Hasil Sinkron Nilai Rapor dan US/USBN dapodik

Panduan Manual Aplikasi EDS Dikdasmen 2019

Rekomendasi saya:
Cara Download dan Registrasi Prefill PMP EDS Dikdasmen

Demikian yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Nantikan postingan selanjutnya, yaitu Step by Step pengisian lengkap Aplikasi EDS Offline.

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.