Skip to main content

3 Cara Cepat dan Tepat Mengisi Koordinat Dapodik

Cara Cepat dan Tepat Mengisi Koordinat Lintang Bujur Dapodik
Rekan-rekan Operator dapodik di manapun anda berada, tugas utama seorang operator sekolah di bidang pendataan adalah mengerjakan Aplikasi Dapodik. Sebuah pekerjaan yang lumayan berat karena menyangkut dengan data lembaga meliputi, Sekolah, Sarana dan prasarana, Guru dan Tenaga Kependidikan, Peserta didik, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak tugas operator dalam mengerjakan aplikasi dapodik, mungkin di menu Peserta didiklah yang paling banyak menyita waktu, terlebih saat ini isian Koordinat (Lintang dan bujur) menjadi salah satu item yang wajib diisi khususnya siswa kelas 3 dan 4. Dan bukan tidak mungkin di versi-versi selanjutnya siswa untuk tingkat  kelas yang lain juga diwajibkan untuk mengisi garis lintang dan bujur.

Pengisian menu koordinat berupa lintang dan bujur sebenarnya bisa langsung rekan-rekan kerjakan melalui aplikasi dapodiknya. Hanya saja menurut saya masih terdapat kekurangan diantaranya:
  1. Sulit menemukan lokasi menggunakan Pecarian pada Peta Koordinat dapodik.
  2. Tampilan kurang lengkap dan Spesifik.
  3. Tidak ada tampilan Satelit seperti di Google Maps sehingga menyulitkan untuk mencari lokasi tempat tinggal siswa.
koordinat Lintang dan Bujur di dapodik

Untuk itu, Pada panduan berikut Saya sudah menyiapkan Panduan berupa Video yang sangat lengkap tentang 3 Cara Alternatif yang Cepat dan Tepat untuk Mengisi Koordinat Dapodik baik itu PTK maupun Peserta didik. Dan semoga video ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan Operator  dalam mengisi Koordinat Lintang dan Bujur pada Aplikasi dapodiknya.

Adapun Materi yang ada pada Video di bawah ini meliputi :
1. Cara Cepat Mengisi Koordinat dapodik menggunakan Google MAPS
2. Cara Tepat Mengisi Koordinat dapodik menggunakan Aplikasi Android
3. Cara Cepat dan Tepat Mengisi Koordinat dapodik menggunakan LAN
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar