RPP Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 K13 Revisi 2019

RPP Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 K13 Revisi 2019

RPP K13 Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Revisi 2019

RPP Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019 – Perangkat pembelajaran wajib dimiliki oleh guru, karena mengajar tanpa adanya perangkat pembelajaran yang baik mengakibatkan guru tidak memiliki arah dan pedoman pembelajaran yang jelas sehingga akan mempengaruhi hasil dari pembelajaran tersebut. Salah satunya adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 

Adapun RPP yang Admin bagikan ini merupakan RPP Kelas 4 Jenjang SD/MI Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku yang terdiri dari 6 pembelajaran yang tentu sudah menggunakan K13 revisi 2019. Revisi tersebut memuat PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Selain PPK pada pembelajaran perlu juga diintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill.) RPP K13 Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 ini juga di dalamnya sudah terdapat penanaman sikap Spiritual, sikap Sosial, sikap Pengetahuan dan sikap Keterampilan atau KI1, KI2, KI3 dan KI4.

Contoh RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : UPTD SD Negeri Bandung 1
Kelas / Semester :  4 /2
Tema                       :  6. Cita-citaku 
Sub Tema                :  1. Aku dan Cita-citaku
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, IPA 
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu         : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
  • KI1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  • KI3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
BACA JUGA :  RPP Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 / K13 Revisi 2017 Semua Tema

B. KOMPETENSI DASAR

BAHASA INDONESIA
No. Kompetensi Dasar Indikator
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1 Memahami ciri-ciri puisin dengan benar.
3.6.2 Menjelaskan isi dan amanat puisi dengan baik dan benar.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1 Mengidentifikasikan isi puisi dengan baik dan benar.
4.6.2 Mendemonstrasikan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
No. Kompetensi Dasar Indikator
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 3.2.1 Menganalisis siklus hidup makhluk hidup disekitar.
3.2.2 Menjelaskan siklus hidup makhluk hidup disekitar.
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.. 4.2.1 Menyusun gambar siklus hidup makhluk hidup dengan baik.
4.6.2 Mendemonstrasikan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat.

D. MATERI
1. Ciri-ciri puisi
2. Siklus makhluk hidup

E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

File RPP Kelas 4 SD K13 Revisi 2019 Tema 6 Subtema 1 yang dapat bapak ibu guru unduh secara gratis melalui link di bawah ini, menggunakan format microsoft word sehingga dapat untuk di edit kembali menyesuaikan dengan strategi, karakter, metode dan bahan ajar yang ingin diterapkan di sekolah.

RPP Kelas 4 Tema 6  Subtema 1 K13 Revisi 2019

RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pb 1
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pb 2
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pb 3
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pb 4
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pb 5
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pb 6

BACA JUGA :  Pekerja lapangan yang bekerja di ruangan terbuka banyak mengeluarkan keringat selama bekerja, maka seragam yang tepat untuk pekerja lapangan adalah bahan yang terbuat dari?

Baca Juga
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita
RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 4 Literasi dan Kegiatan Berbasis Proyek

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.