Cara Mengisi Lintang dan Bujur di Aplikasi Dapodik

Cara Mengisi Lintang dan Bujur di Aplikasi Dapodik

Masih membahas seputar Dapodik, kali ini saya akan memberikan panduan pengisian Lintang dan bujur untuk PTK dan Siswa pada aplikasi Dapodik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada aplikasi dapodik terbaru tersebut terdapat sebuah penambahan fitur baru yaitu Penambahan kolom lintang dan bujur pada PTK dan Peserta Didik. 
Penambahan pengisian kolom lintang dan bujur pada peserta didik bertujuan untuk mengukur jarak tempuh tempat tinggal peserta didik dengan sekolah dan untuk mengakomodir kebijakan zonasi pada aturan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan No. 17 Tahun 2017. Prosedur pengisian lintang dan bujur pada peserta didik adalah sebagai berikut: 

Berikut langkah-langkah mengisi Lintang dan Bujur pada aplikasi Dapodik.

1. Login ke aplikasi dapodik

2. Klik menu PTK atau Peserta didik kemudian pilih salah satu yang ingin diisi Lintang dan Bujurnya
3. Klik ubah dan gulir ke bawah sampai ke menu Lintang dan Bujur

4. Selanjutnya klik Buka Peta Koordinat dan akan muncul jendela google maps, disini kita tinggal menentukan lokasi rumah baik itu PTK maupun Peserta didik

5. Untuk mempermudah pencarian silahkan isi (Cari Lokasi) menggunakan kata kunci yang sesuai seperti nama jalan, nama desa/dusun, dll.

6. agar tampilan peta lebih jelas gunakan mode Satelit

7. Klik Kanan pada lokasi maka otomatis Lintang dan Bujur akan terisi

8. terakhir klik simpan dan tutup Jendela

BACA JUGA :  Perpindahan servis pada permainan tenis meja terjadi jika jumlah poin kelipatan

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.