Skip to main content

Contoh Raport SD Kurikulum 2013 Terbaru Beserta Cara Pengisiannya

Contoh Format Raport SD Kurikulum 2013 Terbaru

Contoh Raport SD Kurikulum 2013 Terbaru Beserta Cara Pengisiannya - Kurikulum 2013 terus mengalami pengembangan baik dari segi pembelajaran, sumber belajar, pelaksanaan, hingga laporan penilaian. Termasuk diantaranya adalah raport peserta didik yang juga mengalami beberapa revisi.

Sejak dirilisnya Panduan Penilaian pada tahun 2016 dan Panduan Penilaian revisi 2018, laporan penilaian atau raport SD Kurikulum 2013 mengalami banyak perubahan dibandingkan sejak awal diberlakukannya kurikulum 2013. Salah satu yang mengalami perubahan adalah dari segi nilai. Nilai pada raport tidak hanya menggunakan predikat dan deskripsi, namun juga memunculkan angka-angka yang diperoleh peserta didik setiap muatan pelajaran.

Dalam hal penyampaian deskripsi juga mengalami beberapa perubahan. Saat ini deskripsi penilaian berisi perolehan Kompetensi Dasar (KD) tertinggi dan KD terendah. Tentunya dengan menggunakan bahasa dan kalimat positif. Untuk lebih detilnya berikut petunjuk Pengisian Raport SD Kurikulum 2013.

Petunjuk dan Cara Pengisian Raport SD Kurikulum 2013 Revisi 2018


- Kompetensi Inti 1 (KI-1) yang berisi nilai Spiritual diambil dari KI-1 muatan pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
- Kompetensi Inti 2 (KI-2) yang berisi nilai Sikap sosial diambil dari KI-2 muatan pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
-Hasil penilaian untuk Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan (KI-4)dilaporkan dalam bentuk Nilai, Predikat, dan Deskripsi. Sedangkan untuk pelaporan sikap Spiritual dan sosial (KI-1 dan KI-2) dilaporkan dalam bentuk Predikat dan/atau Deskripsi. Jadi untuk penilian sikap boleh menggunakan predikat dan deskripsi atau langsung deskripsi.
-Untuk Predikat hanya terdiri dari 4 yakni A untuk sangat baik, B untuk nilai baik, C untuk nilai cukup, dan D untuk nilai perlu bimbingan.
- Untuk Deskripsi diambil dari KD tertinggi dan terendah dengan menggunakan kalimat postif.

Itulah beberapa petunjuk pengisian raport berdasarkan Pedoman Penilaian SD revisi 2018. Perlu dipahami dalam pelaporan ini juga sangat penting untuk menampilkan nilai sesuai apa yang diperoleh peserta didik selama duduk di bangku sekolah. Adapun untuk contoh Format Raport SD Kurikulim 2013 terbaru bisa diunduh di bawah ini.

Download Contoh Raport SD Kurikulum 2013 Terbaru - KLIK DISINI

Contoh dan petunjuk atau cara pengisian raport Kurikulum 2013 di atas diambil dari buku pedoman penilaian terbaru. Untuk download buku pedomen penilaian revisi 2013 bisa di unduh di bawah ini.

Pedoman Penilaian Sekolah Dasar Kurikulum 2013 - DOWNLOAD DISINI


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar