Ribuan Data Pribadi Penerima Bantuan BSU Bocor, Kemendikbud Mengelak. - Dapodik Bangkalan

Ribuan Data Pribadi Penerima Bantuan BSU Bocor, Kemendikbud Mengelak.

Ribuan Data Pribadi Penerima Bantuan BSU Bocor, Kemendikbud Mengelak.

Ribuan Data Pribadi Penerima Bantuan BSU Bocor ke Publik - Data Pribadi yang diduga milik para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) baik di Satuan Pendidikan Negeri dan Swasta diduga bocor ke publik. Informasi sensitif tersebut beredar melalui file excel dengan ukuran 24 MB dan kemudian beredar kembali per provinsi dengan data yang sama. Hal tersebut disayangkan oleh ribuan GTK yang datanya terlampir pada file excel tersebut.

Ribuan Data Pribadi Penerima Bantuan BSU Bocor, Kemendikbud Mengelak.

Data Pribadi yang bocor ke publik tersebut diyakini merupakan data pribadi para calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemendikbud yang dianggarkan setiap individu mendapatkan dana sebesar Rp. 1,8 juta per orang.

Data pribadi yang bocor tersebut berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening yang bersangkutan dan yang paling fatal adalah data Nama Ibu Kandung yang notabene sangat rahasia.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendikbud Hasan Chabibie  menampik adanya kebocoran yang berasal dari data di Kemendikbud. Menurut yang kami kutip dari CNNIndonesia.com, "Tidak terjadi kebocoran data pada sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik)," ujarnya.

Kejadian kebocoran data ini sangat disayangkan karena data tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut sangat meresahkan para GTK calon penerima Bantuan BSU Kemendikbud.

data pribadi penerima Bantuan BSU
data pribadi penerima Bantuan BSU

Sebagai informasi, Untuk mendapat BSU ini peserta harus sudah terdaftar di DAPODIk dan tidak ada pengajuan melalui sumber lain. Kemudian bagi calon penerima Bantuan BSU Kemendikbud bisa mendaftarkan diri secara mandiri dan membuat rekening baru di Bank Penyalur yang tertera di InfoGTK. Nantinya insentif akan langsung ditransfer ke rekening itu.

BSU diberikan kepada 2.034.732 guru dan tenaga kependidikan non pegawai negeri sipil (PNS) selama masa pandemi covid-19dan setiap guru mendapat Rp1,8 juta sebanyak satu kali (CNN).

Demikian postingan kami kali ini mengenai Ribuan Data Pribadi Penerima Bantuan BSU Bocor, Kemendikbud Mengelak. Semoga Bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan