Juknis Pedoman Kepala Sekolah Prestasi Tahun 2019

Juknis Pedoman Kepala Sekolah Prestasi Tahun 2019

Juknis Pedoman Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2019
Kegiatan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang Berprestasi dan Berdedikasi. 
Program ini merupakan wujud nyata bahwa pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional melalui apresiasi bagi kepala sekolah yang memiliki keteladanan dalam pengembangan sekolah yang berdampak terhadap peningkatan pendidikan yang berkemajuan.
Tema Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi yang mampu Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Ruang lingkup kegiatan pemilihan tersebut berkaitan dengan aspek kepemimpinan dan manajemen pengelolaan sekolah antara lain membangun budaya literasi di satuan pendidikan, meningkatkan kepemimpinan pembelajaran Abad ke-21, optimalisasi peran tripusat pendidikan (sekolah, keluarga, dan masyarakat) dalam penguatan pendidikan karakter, inovasi, dan integritas tata kelola satuan pendidikan.
Juknis dan Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 ini merupakan acuan dalam pelaksanaan pemilihan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Penyempurnaan penyelenggaraan pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi dilakukan melalui evaluasi terhadap penyelenggaraan program yang sama tahun sebelumnya.
Kualitas pelaksanaan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional diharapkan mampu menghasilkan kepala sekolah Berprestasi dan Berdedikasi yang terbaik.
Adapun Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 terdiri atas 8 kategori

yaitu:

  1. Kepala SD Berprestasi dan Berdedikasi 
  2. Kepala SMP Berprestasi dan Berdedikasi 
  3. Kepala SMA Berprestasi dan Berdedikasi 
  4. Kepala SMK Berprestasi dan Berdedikasi 
  5. Kepala SD Berprestasi dan Berdedikasi di Daerah Khusus 
  6. Kepala SMP Berprestasi dan Berdedikasi di Daerah Khusus
  7. Kepala SMA/SMK Berprestasi dan Berdedikasi di Daerah Khusus
  8. Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Berprestasi dan Berdedikasi
BACA JUGA :  PROGRAM PPG BERSUBSIDI TAHUN 2019

Tahapan Pelaksanaan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2019

Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019 dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi sampai nasional sebagaimana tertera pada Gambar di bawah ini
Tahapan Pelaksanaan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2019

Jadwal Pelaksanaan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2019

  1. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi tingkat kabupaten/kota selesai dilaksanakan paling lambat akhir bulan April 2019.
  2. Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi tingkat provinsi selesai dilaksanakan paling lambat tanggal 5 Juli 2019.
  3. Registrasi secara online peserta Tendik Berprestasi dan Berdedikasi dibuka mulai tanggal 25 Juni sd 23 Juli 2019
  4. Usulan peserta pemilihan dari provinsi diterima oleh Panitia Penyelenggara Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional paling lambat 23 Juli 2019
  5. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional di laksanakan tanggal 12 sd 19 Agustus 2019.

Untuk lebih jelasnya, silahkan bapak ibu unduh Draf berupa PDF Pedoman Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2019 melalui tautan di bawah ini


Rekomendasi kami:

About shela marsela

Sheli Adalah Penulis utama dari Blog Dapodikbangkalan,Dia juga selain hoby menulis memiliki beberapa hoby lain nya seperti olahraga dan kuliner.