Mengenal Jalur Afirmasi Pada PPDB Jatim 2020 - Dapodik Bangkalan

Mengenal Jalur Afirmasi Pada PPDB Jatim 2020

Mengenal Jalur Afirmasi Pada PPDB Jatim 2020

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur Tahun 2020 dilaksanakan secara online. Di dalam ketentuan yang sudah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.


Apa itu Jalur Afirmasi ?

Jalur Afirmasi adalah Jalur yang diperuntukkan bagi peserta didik jenjang SMA/SMK yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan Peluang Distribusi Kewilayahan.

Kuota jalur afirmasi adalah 15% (lima belas persen) dari daya tampung (pagu) Sekolah, Termasuk didalamnya kuota 5% untuk anak dari Keluarga Buruh.

Calon peserta didik jenjang SMA diberi kesempatan untuk mendaftar sesuai dengan zona tempat tinggalnya/domisili. Sedangkan bagi calon peserta didik jenjang SMK diberi kesempatan untuk mendaftar didalam/diluar Zona tempat tinggalnya/domisili.

 Persyaratan Jalur Afirmasi
  1. Anak dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan :
    • Kartu Indonesia Pintar (KIP),
    • Kartu Indonesia Sehat (KIS),
    • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
    • Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (KBPNT)
    Sebagai bukti keikutsertaan program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.
  2. Apabila poin nomor 1 tidak terpenuhi, dapat menggunakan Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa.
  3. Khusus anak dari Keluarga Buruh, dibuktikan dengan persyaratan tambahan berupa surat/tanda keanggotaan Asosiasi Buruh. 
Sekolah diharapkan membentuk tim untuk melaksanakan survey ke tempat tinggal sesuai dengan domisili Kartu Keluarga (KK) untuk membuktikan kebenaran dan kesesuaian dokumen dengan kondisi sebenarnya di lapangan sesuai dengan kuota.

Peluang kuota 1% distribusi kewilayahan diperuntukkan bagi calon peserta didik dari luar zona perbatasan (dari Dalam/Luar Provinsi atau dari Luar Negeri).

Apabila pendaftar dalam satu sekolah melebihi kuota yang tersedia maka pemeringkatan berdasarkan jarak domisili, Usia, dan waktu pendaftaran.

Dalam hal kuota jalur afirmasi belum terpenuhi, maka sisa kuota jalur afirmasi dimasukkan dalam kuota jalur zonasi.

=digubah dari juknis ppdb jatim 2020=

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan

PPG

Dapodik

1 Lembar