Muncul Peringatan Segera Habiskan Saldo Pelatihan Prakerja, Adakah Sanksinya ? - Dapodik Bangkalan

Muncul Peringatan Segera Habiskan Saldo Pelatihan Prakerja, Adakah Sanksinya ?

Muncul Peringatan Segera Habiskan Saldo Pelatihan Prakerja, Adakah Sanksinya ?

Beberapa hari ini masyarakat penerima manfaat Kartu Prakerja dihebohkan dengan munculnya pesan notifikasi di laman dashboard prakerja.go.id yang tertulis "Habiskan Sisa Saldo Pelatihanmu, Segera lakukan pembelian pelatihan dan habiskan saldo pelatihanmu paling lambat tanggal 15 Desember 2020 pukul 23:59 WIB, gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensimu" begitulah pesan notifikasi yang muncul. 

pesan peringatan habiskan sisa saldo pelatihan
pesan peringatan habiskan sisa saldo pelatihan

Banyak juga yang bertanya, bagaimana jika sisa saldo pelatihan prakerja tidak dihabiskan ? apakah ada sanksi yang diberikan ? apakah sisa insentif pencairan akan ditangguhkan ? berikut kami rangkum beberapa penjelasan yang akan menjawab beberapa pertanyaan di atas.

Pihak Prakerja Menjawab

Louisa Tuhatu selaku Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menjelaskan bahwa sangat disayangkan apabila sisa saldo pelatihan kartu prakerja tidak digunakan seluruhnya dan tidak dimanfaatkan sebaik mungkin.

Louisa menyarankan agar semua peserta penerima manfaat kartu prakerja untuk menghabiskan sisa saldo pelatihan dan meningkatkan Kompetensi yang telah dimiliki.

Dikutip dari kompas.com, "Sayang dong jika dana pelatihan kalau tidak dipakai. Tujuan program Kartu Prakerja kan untuk meningkatkan kompetensi", jelasnya.

Tidak ada sanksi bagi penerima manfaat kartu prakerja meskipun sisa saldo pelatihan tidak dihabiskan, dan dana yang tersisa dari saldo pelatihan otomatis akan dikembalikan ke kas negara (RKUN)

Artinya, dana insentif yang didapatkan setiap bulan akan masih tetap cair dan tidak berpengaruh meskipun dana pelatihan tidak digunakan semuanya.

Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja akan berakhir pada 15 Desember 2020. Apabila melewati tanggal tersebut, para peserta penerima manfaat program kartu prakerja sudah tidak bisa lagi untuk mengikuti pelatihan.

"Setelah 15 Desember, peserta tidak bisa lagi mengakses dana pelatihan atau sisa saldo pelatihan serta tidak dapat melakukan pelatihan", jelas Louisa.

Demikian artikel kami pada kali ini mengenai Muncul Peringatan Segera Habiskan Saldo Pelatihan Prakerja, Adakah Sanksinya ?. Semoga Bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentarlah yg baik dan sopan